Disnakeswan Lampung, Pastikan Stok dan Kesehatan Hewan Kurban Aman

matahari
Example 120x600

Bandarlampung- Jelang lebaran Idul Adha, Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Lampung memastikan seluruh Penjualan hewan ternak kurban mencakup Sapi, Kambing dan Domba dipastikan ketersediaan aman, sehat dan sudah melalui tahapan pengawasan, pemeriksaan, standarisasi, sertifikasi dan registrasi untuk dibeberapa titik penjualan hewan kurban di Kota Bandarlampung, Bandarlampung. Jumat, 14/06/2024.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Drh. Anwar Bahri, mewakili Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan, Ir. Lili Mawarti, M,Si, mengatakan

“Jelang lebaran Idhul Adha ini untuk persediaan hewan kurban kita pastikan aman dan sudah melalui regulasi peraturan pemerintah yang teratur pada Undang Undang Permeran 114 tahun 2014, Peraturan pemerintah 95 Tahun 2012, Permentan 17 tahun 2023” Dialognya Anwar Bahri kepada media

Lanjutnya, Tim Dinas Kesehatan Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah bekerja 14 hari sebelum kunjungan media di sentra peternakan dan penjualan hewan kurban di 15 Kabupaten/Kota. 14 Hari tersebut terbagi 7Hari dilapak penjualan Hewan Kurban, 3Hari dilokasi pemotongan hewan kurban dan pada hari H dilokasi penyembelihan hewan kurban.

Melalui data Realise Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Total Sapi dan Kerbau 33.313 ekor, Kambing dan Domba 62.247, kebutuhan Sapi sebanyak 24.298 ekor dan 9.015 Kerbau. Kambing 54.505 Kambing dan Domba 7.742. Anwar Bahri pun menjelaskan dari seluruh data hewan tersebut Dinas Peternakan Hewan dibantu 1.148 petugas yang mencakup Dokter Hewan, Peternak, Akademis dan Relawan terlatih.

“Dari Angka Hewan hewan tersebut yang akan di disebarkan untuk persediaan di 15 Kabupaten dan Kota, angka tersebut juga terbagi untuk wilayah kepulauan Jawa (Jabodetabek). Untuk Provinsi Lampung Sendiri kita berkerja dengan 1.148 Orang yang terbagi dari Dokter Hewan 178orang, Peternak 549, Paramedik Veteriner 269 dan Relawan terlatih 151orang” jelasnya bersama release yang dilihatkan.

Saat kunjungan media di Gulak Galik teluk betung dan kandang Arif selaku peternak Sapi dan Kambing yang berada di Jl.Sardana Labuhan Dalam Rajabasa Jaya. Kunjungan dan Himbauan Dinas Perternakan Kesehatan Hewan, selaku peternak ia membenarkan adanya Edukasi dalam Perawatan Hewan Peternakan.

“Iyaaa benar om, minggu lalu ada orang dari dinas kesini bersama Dokter Hewan, seluruh kambing dan Sapi disini di cek dan dinyatakan sehat untuk konsumsi qurban. namun penjualan kurban sekarang sedikit menurun om, mungkin karna lebaran Idhul Adha ini waktunya ketumbur siswa siswi tahun ajaran baru” jelasnya Arif selaku peternak.

Iapun selaku peternak menginformasikan kepada costumer nya untuk memilih hewan yang sehat berdasarkan fisik penilaian semata

“Ciri ciri hewan Qurban yang sehat, Aktif, tidak lesu dan nafsu makan baik, mata bersih bulu mengkilap, buah zakar lengkap dan simetris, mata, hidung, anus dan lubang kelamin bersih” edukasinya dalam memilah hewan qurban. (kal)