KPU Metro Resmi Tetapkan Jumlah Alokasi Kursi Anggota DPRD Metro Terpilih

matahari
Example 120x600

Metro, MP — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro Adakan rapat pleno terbuka terkait penetapan hasil alokasi kursi dan anggota DPRD terpilih Pemilu 2024, kegiatan berlangsung di aula kantor KPU setempat, Selasa (28/5/2024).

Ketua KPU Kota Metro Septa Nuris Pratama dalam kesempatan nya mengatakan rapat pleno di laksanakan pasca putusan MK.

“Sesuai dengan surat dinas KPU RI terkait 789 pasca keputusan MK , kami diminta 3 hari yang mana di tanggal 25 Mei surat turun dan hari ini merupakan hari terakhir,” ucap ketua KPU kepada awak media.

“Maka Sesuai dengan peraturan KPU tahun 2024 terkait penetapan hasil dan jumlah lokasi kursi serta anggota DPRD yang terpilih,”lanjutnya.

Septa Pratama menambahkan bahwa sesuai dengan hitungan. KPU telah menetapkan jumlah anggota terpilih di kota Metro.

“Dengan sesuai hasil hitungan kami menggunakan metode sunlight ditetapkan 25 anggota DPRD Kota Metro terpilih di tahun 2024,”paparnya.

Sementara untuk dengan jumlah kursi yang diperoleh itu hasil jumlah dari partai yang mendapatkan jumlah kursi.

“Dan dari 18 partai tidak semuanya mendapatkan kursi maka yang mendapatkan yang pertama PDI perjuangan 5 kursi, Golkar. Nasdem ,PKS 4 kursi serta Demokrat dan Gerindra 2 kursi lalu PKB 2 kursi,”paparnya.

Sedangkan untuk tahapan berikutnya setelah usai penetapan dikembalikan kepada calon terpilih dan DPRD kota metro, hanya di H-21 menjelang pelantikan lampirkan LHKPN ke KPU.

“Untuk proses selanjutnya kembali kepada teman-teman dewan .Hanya saja kami minta kepada calon terpilih sebelum 21 menjelang pelantikan membuat lhkpn untuk dilampirkan dan ditembuskan atau dilaporkan ke KPU,”tandasnya.(za)