DAERAH  

Cuaca Ektrem, Jemaah Haji Metro-Lamtim Kondisi Sehat

matahari
Example 120x600

METRO, MATAHARIPOS.COM- Jemaah Haji Gelombang 2 Kloter JKG 33 asal Kota Metro dan Lampung Timur (Lamtim) sampai di Jeddah, Arab Saudi, Senin (27/5/2024). Sesampainya di Jeddah, jemaah langsung beribadah umrah wajib.

Dari laporan Eka Syafrianto selaku Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) seluruh jemaah dalam kondisi sehat wal afiat. Dimulai sejak masa medical cek up hingga pemberangkatan.

Diketahui, sebelum terbang ke Mekkah calon jamaah bermalam di Asrama Haji Rajabasa melakukan rangkaian proses cek kelengkapan berkas dan kesehatan serta memastikan para jamaah layak terbang.

Kemudian, jemaah sudah memakai kain ihram sejak dari Asrama Haji Rajabasa pada pukul 17.55 WIB kemudian berangjat ke bandara Radin Intan 355 jemaah dari Metro dan 29 jemaah dari Lampung Timur serta 2 pendamping ibadah haji (pih), 3 kesehatan dan 2 pendamping haji daerah (phd).

“Total keseluruhan 391 yang layak terbang, sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan pemeriksaan kembali oleh pihak Kedutaan Arab Saudi, dimulai dengan cek visa setelah itu terbang ke Arab Saudi pukul 00.55 WIB sampai di Jeddah dengan selamat sehat wal afiat pukul 07.15 WIB, di Bandara King Abdul Aziz,” kata Eka.

Sebelumnya wali Kota Metro, Wahdi melepas 355 calon jamaah haji (CJH) beserta tujuh petugas haji tahun 2024 asal Kota Metro di Masjid Taqwa kota setempat, Sabtu (25/5). Pelepasan ini juga dihadiri Wakil Walikota Metro, Qomaru, Staf Ahli Silfia Naharani, Kakan Kemenag Kota Metro, hingga pengurus MUI Kota Metro.

CJH Kota Metro akan tergabung bersama 29 CJH asal Kabupaten Lampung Timur di Kloter 33 dan akan berangkat ke Jeddah pada 27 Mei mendatang.

“Alhamdulillah hari ini saya melepas 355 CJH dan tujuh petugas haji untuk nantinya masuk ke asrama haji Bandarlampung sebelum nantinya berangkat ke Jeddah,” kata Wali Kota Metro, Wahdi usai pelepasan kepada awak media.

Dia menjelaskan, dari 355 CJH asal Metro tersebut terdiri dari 164 laki-laki dan 191 perempuan. Dengan calon haji paling tua berusia 86 tahun dan yang termuda berusia 19 tahun total 362 itu sudah include dengan tujuh petugas haji kita. Untuk calon haji yang tertua berusia 86 tahun dan termuda 19 tahun,” jelasnya.

Wahdi berpesan kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatan agar selalu dalam kondisi prima, sehingga fokus dan khusyu dalam menjalankan ibadah di tanah suci.

“Pesan saya tetap jaga kesehatan dan semoga nantinya menjadi haji yang mabrur. Kemudian juga doakan Kota Metro yang tercinta ini,” tandasnya. (za)