Danrem 043/Gatam Resmi Dijabat Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M.

matahari
Example 120x600

Lampung – Pangdam II/Swj Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han), memimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danrem 043/Gatam dari pejabat lama Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., kepada pejabat baru Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., Selasa (07/5/2024), bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jl. Jenderal Sudirman KM 2,5 Kec. Ilir Timur 1 Kota Palembang Sumatera Selatan.

Prosesi upacara sertijab Danrem 043/Gatam ditandai dengan penyerahan tanda jabatan dan tongkat komando serta tunggul Korem 043/Gatam oleh Pangdam II/Swj kepada pejabat baru Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M.

Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., adalah lulusan Akmil Tahun 1992 sebelumnya berdinas di Pusterad sebagai Dirum Pusterad, sementara Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., akan pindah dan bertugas sebagai Danmensis Secapaad.

Mengawali amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han)., memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan rahmat dan Ridho-nya, kita masih diberikan kekuatan, kesehatan lahir maupun batin sehingga dapat mengikuti acara tradisi penerimaan warga baru, serah terima jabatan Danrem 043/Gatam.

Selanjutnya, Pangdam juga mengucapkan selamat kepada Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., beserta Istri, atas kepercayaan dan kehormatan serta amanah yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Danrem 043/Gatam, laksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan dengan sebaik-baiknya serta dilandasi dengan keikhlasan.

Pangdam II/Swj menjelaskan bahwa, jabatan pada hakikatnya merupakan mekanisme dalam institusi TNI, bahkan telah menjadi tuntutan organisasi yang memiliki makna penting dan strategis yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan penyegaran dalam pelaksanaan tugas pokok.

“Pergantian jabatan seperti ini, bukan hanya sebagai prosesi pergantian personel semata, akan tetapi lebih bermakna Substansial, yaitu selain bagian dari pembinaan personel dan pembinaan satuan berkesinambungan, juga merupakan bagian dari sistem pembinaan karier yang sudah diatur dan ditetapkan berdasarkan kriteria yang ketat untuk promosi jabatan bagi seorang perwira “

“Hal ini penting karena suatu jabatan hanya dapat diberikan kepada perwira yang mampu menunjukkan moralitas, prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya,“ ujarnya.

Kepada Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., Pangdam II/Swj Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han)., mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pelaksanaan tugas, pengabdian serta kontribusi yang begitu besar kepada Kodam II/Swj.

“Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Ratna Iwan Ma’ruf Zainudin, yang telah mendampingi dan mendukung pengabdian suami dalam menjalankan tugas serta turut memajukan organisasi Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 043 PD II/Swj,” kata Pangdam.

Dalam acara Tradisi Penerimaan Warga Baru, juga dilaksanakan serah terima jabatan Kasdam II/Swj, Danrem 043/Gatam, Danrem 045/Gaya, Danpomdam II/Swj, Kababinminvetcaddam II/Swj, Kabintaljarahdam II/Swj, Dandeninteldam II/Swj dan penerimaan jabatan LO TNI AL Kodam II/Swj serta tradisi pelepasan mantan pejabat.

Turut hadir dalam acara sertijab tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Aminton Manurung, S.I.P., beserta Istri, Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P., beserta Istri, Irdam II/Swj beserta Istri, Kapok Sahli Pangdam II/Swj beserta Istri, Para Danrem Jajaran Kodam II/Swj, Asrendam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalak Dam II/Swj, LO TNI AL Kodam II/Swj, Para Dandim Jajaran Kodam II/Swj, Danyon Jajaran Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Swj beserta pengurus.