DAERAH  

Pemkab Adakan FGD Susun Publikasi Pesibar dalam Angka 2024

matahari
FGD pembinaan statistik sektoral penyusunan publikasi Pesibar dalam angka 2024 di ruang rapat Sekda, Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Selasa (30/4/2024). (Foto Istimewa)
FGD pembinaan statistik sektoral penyusunan publikasi Pesibar dalam angka 2024 di ruang rapat Sekda, Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Selasa (30/4/2024). (Foto Istimewa)
Example 120x600

KRUI, MATAHARIPOS.COM- Staf Ahli Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Yurni Dewi, membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembinaan statistik sektoral penyusunan publikasi Pesibar dalam angka tahun 2024.

Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Barat menggelar FGD itu di ruang rapat Sekda, Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Selasa (30/4/2024).

Yurni Dewi menilai kegiatan itu cukup penting untuk menghasilkan publikasi Pesibar dalam angka yang lengkap dan uptodate sesuai dengan kebutuhan perencanaan dan pembangunan di Pesibar.

“Terlebih data berperan sangat vital dalam proses perumusan kebijakan,” ujar Yurni Dewi.

Menurut dia, data statistik menjadi pondasi tak tergantikan dalam memahami kondisi masyarakat, mengidentifikasi problem dan oportunity, hingga merancang kebijakan sehingga menjadi program yang tepat guna.

“Data statistik akurat, dapat dipastikan, bahwa kebijakan diambil memiliki dasar kuat dan dapat berdampak positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara bagi Pemkab Pesibar, publikasi Pesibar dalam angka selama ini menjadi rujukan penting.  Tak saja mendapatkan gambaran kinerja pembangunan berbagai sektor telah dicapai, tapi juga menjadi acuan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah ke depan.

Menurut dia lagi, kebutuhan data lengkap dan berkualitas kini kian meningkat dan penggunaan data dalam pengambilan setiap kebijakan dewasa ini kian dinilai sangat penting dan menjadi tuntutan

“Kgiatan kali ini ialah forum strategis untuk berdiskusi intensif dan komperhensif untuk lebih melengkapi dan menyempurnakan publikasi Pesibar dalam angka kedepan yang secara rutin dirilis BPS Lambar akhir Februari setiap tahunnya,” katanya.

Yurni berharap melalui kegiatan ini, para peserta mewakili masing-masing OPD dapat proaktif mencermati data sektoral masing-masing yang sudah tertuang pada publikasi Pesibar dalam angka 2024.

“Cermati secara detail terkait data strategis masing-masing OPD, apakah sudah tercakup secara keseluruhan. Sebaliknya jika belum, bisa disampaikan dan diinventarisir agar publikasi mendatang dapat dimasukkan ke publikasi Pesibar dalam angka,” pintanya.

Dengan demikian, publikasi data statistik Pesibar kian lengkap sehingga publikasi itu dapat menjadi rujukan bersama dalam pembuatan kebijakan dan evaluasi.

Pemkab Pesibar kata dia, juga berharap agar BPS Lambar terus berinovasi menyusun dan menyajikan publikasi Pesibar dalam angka, sehingga pada akhirnya kedepan Pesibar akan memiliki sebuah kumpulan data sektoral yang bisa menjadi etalase bagi siapapun ingin mengenal dan membutuhkan data dan informasi terkait Pesibar. (ys)