Cegah Lakalantas, Polisi Skrining dan Tes Urine Sopir Bus di Jalinsum Way Kanan

matahari
Para sopir bus dan kernet menjalani skrining kesehatan di Jalinsum Kampung Suka Negeri, Sabtu (13/4/2024). (Foto Istimewa)
Para sopir bus dan kernet menjalani skrining kesehatan di Jalinsum Kampung Suka Negeri, Sabtu (13/4/2024). (Foto Istimewa)
Example 120x600

WAY KANAN, MATAHARIPOS.COM- Guna arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1445 H, para sopir bus dan kernet menjalani skrining kesehatan di Jalinsum Kampung Suka Negeri, Kecamatan Gunung Labuhan, Way Kanan, Sabtu (13/4/2024).

Kegiatan ini dipimpin Kasat Lantas AKP Suarjono Surya Ningrat, Dishub, Dinas Kesehatan, dan personel Polres Way Kanan.

Kapolres Way Kanan, AKBP Pratomo Widodo, menuturkan, keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Untuk itu, semua pihak perlu partisipasi aktif menjaga keamanan di jalan raya.

“Guna upaya memastikan keamanan dan keselamatan penumpang kendaraan umum, kami skrining kesehatan dan tes urine sopir dan kernet bus. Ini guna mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dan antisipasi menyalahgunakan narkotika,” jelasnya.

Selain itu, kata kapolres, juga melayani kesehatan gratis, mulai dari mengecek tekanan darah, memberi  obat dan suplemen bagi sopir bus atau pemudik sakit atau lelah selama perjalanan.

Tak hanya itu, tandas ia, petugas juga memeriksa kelengkapan pengemudi dan kendaraan bus yang menuju Jakarta. Ini guna memastikan standar keselamatan terpenuhi.

Pratomo menjelaskan, kegiatan ini merupakan komitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan, khususnya saat arus mudik dan balik Lebaran.

Pihaknya juga mengimbau para sopir jangan memaksakan diri. Bila lelah ataupun mengantuk, lebih baik istirahat daripada melanjutkan perjalanan.

“Tetap mematuhi aturan, tertib dalam berlalulintas, dan hindari obat-obatan mengandung narkoba,” imbau kapolres.

Hasil pemeriksaan urine, para sopir dan kernet bus negatif. (rls/sah)