DAERAH  

Haji Robert Selalu Berbagi dengan Masyarakat Maluku Utara

matahari
H. Robert ingin hadir di tengah masyarakat Halut tak hanya bisnis semata tapi hadir dengan hati dan tangan terbuka penuh kekeluargaan. (Foto Istimewa)
H. Robert ingin hadir di tengah masyarakat Halut tak hanya bisnis semata tapi hadir dengan hati dan tangan terbuka penuh kekeluargaan. (Foto Istimewa)
Example 120x600

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Lebih dari dua dekade, PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) mengelola Tambang Emas Gosowong di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Selama itu pula, NHM hadir telah memberikan banyak dampak positif untuk kehidupan sosial masyarakat  lingkar tambang tersebar pada 83 desa dan 5 kecamatan di Halut.

Perubahan besar semakin dirasakan ketika NHM diambil alih PT Indotan Halmahera Bangkit (IHB) di bawah kepemimpinan H. Robert Nitiyudo Wachjo tahun 2020.

NHM semakin gencar mendedikasikan diri kepada masyarakat melalui sederet aksi nyata yang dikerahkan atas komando H. Robert.

H. Robert ingin hadir di tengah masyarakat Halut tak hanya bisnis semata tapi hadir dengan hati dan tangan terbuka penuh kekeluargaan.

Kekeluargaan itu, H. Robert bersama NHM wujudkan dalam bentuk perhatian dan kontribusi nyata berbagai sektor kehidupan masyarakat lingkar tambang. Mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan adat dan budaya hingga infrastruktur.

Salah satu program dijalankan, yaitu bedah rumah. Program ini telah sukses membantu ratusan kepala keluarga, dengan membangun hunian jauh lebih layak dan sehat.

Sejak tahun 2020, NHM membangun dan meresmikan sekitar 155 rumah. Banyak pesan menyentuh dari masyarakat atas bantuan ini.

H. Robert melalui Haji Robert Ilham Foundation juga mendukung pembangunan rumah ibadah gereja dan masjid. Di antaranya Gereja GMIH Pniel Baru Biang dan Gereja Efata Boulamo.

Pendeta Nontje Sadow, Pimpinan Jemaat Gereja GMIH Pniel Baru Biang merasa bersyukur dan berterima kasih lantaran perhatian H. Robert untuk jemaat dan gereja.

“Kami sebagai jemaat sangat bersyukur serta berterima kasih kepada Tuhan Yesus dan Bapak H. Robert karena telah membangun gereja dari awal hingga penyelesaian. Kami percaya Tuhan telah menggerakan NHM dan Bapak H. Robert sehingga bantuan ini begitu nyata terasa manfaatnya,” ungkapnya.

Ia percaya NHM hadir di bumi Halut sebagai anugerah dari Tuhan untuk bisa saling membantu antarjemaat.

“Semoga NHM bisa melalui semua tantangan dan terus berjaya. Tuhan Yesus memberkati,” harapnya.

Pendeta Stefi Danawaka, Pimpinan Jemaat Efata Boulamo juga menyampaikan hal senada.

“Saya mewakili seluruh jemaat bersyukur karena bantuan Bapak H.Robert. Beliau dengan murah hati memberikan bantuan untuk kami. Doa dan harapan kami agar Bapak sehat selalu dan terus diberkati. Tuhan Yesus menolong dan memberkati,” ucapnya.

Selain rumah ibadah, H. Robert juga memberikan dukungan kepada lembaga adat untuk melestarikan adat istiadat dan seni budaya asli. Dukungan ini telah ia berikan langsung dalam bentuk membangun rumah adat kepada 4 suku asli, yaitu Towiliko, Boeng, Modole, dan Pagu.

Simon Toloa, Ketua (Sangaji) Suku Pagu yang juga merangkap sebagai koordinator Lembaga Adat Empat Suku lingkar tambang, mengapresiasi karena H. Robert peduli melestarikan budaya setempat.

“Sejak Bapak Haji ambil alih, perjalanan mitra antara kami dan perusahaan cukup baik. Kami merasa jasa H. Robert luar biasa dengan memperhatikan kami, membangun dan memfasilitasi rumah adat untuk empat suku dalam waktu serentak. Kami, empat suku Halut selalu mendoakan Bapak Haji agar selalu sehat dan perusahaan senantiasa berjalan baik dan normal,” ucapnya.

Selain itu, pada bidang kesehatan, H. Robert dan NHM juga mengerahkan segala upaya membantu masyarakat. Terutama mereka sakit parah dan tak mampu berobat layak.

Tim Haji Robert Peduli telah menyelamatkan ribuan nyawa. Bahkan, NHM tak ragu mengirim masyarakat ke rumah sakit terkemuka di Maluku Utara, Manado dan Jakarta.

Beberapa kali NHM memberangkatkan para pasien itu dengan helikopter demi memberikan layanan kesehatan terbaik.

H. Robert dan NHM menggelontorkan dana miliaran rupiah guna menyelamatkan banyak nyawa.

NHM juga menjadi garda terdepan merangkul Pemerintah Provinsi Malut dan Halut untuk bersama-sama menangani Covid-19 pada tahun 2020.

H. Robert bersama NHM memberikan berbagai bantuan kesehatan sekitar Rp300 miliar, khusus menangani dan menanggulangi Covid-19, yang juga berhasil menyelamatkan ribuan nyawa.

Guna menyiapkan generasi masa depan, NHM memberikan beasiswa bagi para putra dan putri daerah lingkar tambang.

Sejak 2020, H. Robert memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada sekitar 1.000 mahasiswa program sarjana dan pascasarjana dari wilayah lingkar tambang.

Guna mendukung meningkatkan mutu dan lancar kegiatan pendidikan di daerah lingkar tambang, H. Robert juga mengucurkan dukungan dana operasional para tenaga pengajar honorer setiap jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA.

Masih banyak bantuan sosial lainnya dalam bentuk santunan dan membagikan sembako kerap kali dikerahkan. Terutama untuk ribuan anak yatim piatu, duda, janda, lansia, dan fakir miskin di wilayah lingkar tambang.

“Menambang dengan Hati,” begitu Haji Robert sering tekankan. Tak membedakan latar belakang suku dan agama, ia hadir untuk masyarakat Maluku Utara. (*)