DAERAH  

Komunitas Difapedia Gelar Literasi Digital Inklusi Disabilitas

matahari
Baznas, Dinas Sosial Purbalingga, dan Difapedia menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas. (Foto Istimewa)
Baznas, Dinas Sosial Purbalingga, dan Difapedia menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas. (Foto Istimewa)
Example 120x600

PURBALINGGA, MATAHARIPOS.COM- Komunitas Difapedia menggelar literasi digital inklusi disabilitas di Pendopo Dipokusumo, Kabupaten Purbalingga, Minggu (17/3/2024).

Direktur Difapedia, Mukhanif Yasin Yusup, menjelaskan, workshop literasi digital ini sebagai bukti komitmen difapedia dalam upaya mewujudkan lingkungan digital inklusif.

Ia berharap agar workshop ini dapat bermanfaat kepada penyandang disabilitas dalam memahami penting sektor digital untuk advokasi, branding, dan pemberdayaan ekonomi-sosial.

“Selain itu, kegiatan dapat melahirkan kemampuan mereka memanfaatkan sektor digital untuk personal branding dan pemberdayaan diri secara mandiri,” katanya

Dirjen Aptika Kominfo Purbalingga, Samuel Abijani, mengatakan, tahun ini kominfo kembali berkegiatan literasi digital untuk membangun era digital lebih baik melalui 4 hal, yaitu kecakapan, keamanan, budaya, dan etika digital.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Siberkresasi, Abdurrahman Hamas Nahdly,  mengatakan, jika semua pihak serius membangun inklusif, ia berharap agar warga disabilitas tak tertinggal dalam dunia digital

“Kalau kita semua serius bicara soal pembangunan inklusif, jangan biarkan teman-teman disabilitas tertinggal di dalam dunia digital,” ujar Hamas usai kegiatan.

Menurut Hamas, ruang digital menjadi alternatif mendukung kaum disabilitas meningkatkan kualitas hidup.

“Ruang digital jadi salah satu ruang bisa mendukung teman-teman disabilitas meningkatkan kualitas hidupnya, khususnya produktivitas mereka,” ungkapnya.

Kegiatan itu bertema “Transformasi Digital yang Inklusif Untuk Mewujudkan Penyandang Disabilitas Berdaya Saing Di Era Digital.”

Sebanyak 70 penyandang disabilitas dan 30 peserta nonpenyandang disabilitas mengikuti kegiatan tersebut. (ben)