Bawaslu Halut Rekomendasikan PSU TPS 01 di Igobula

matahari
Rusni Ibrahim, Kordiv HP2H dan PIC Pengamopuh Pungut Hitung dan Rekapitulasi Bawaslu Halut. (Foto: Ist)
Rusni Ibrahim, Kordiv HP2H dan PIC Pengamopuh Pungut Hitung dan Rekapitulasi Bawaslu Halut. (Foto: Ist)
Example 120x600

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara, merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada TPS 01 Desa Igobula, Kecamatan Galela Selatan.

Rusni Ibrahim, Kordiv HP2H dan PIC Pengamopuh Pungut Hitung dan Rekapitulasi Bawaslu Halut, kepada wartawan di Tobelo, Selasa (20/2/2024), menegaskan, rekomendasi PSU itu lantaran terbukti ada kesalahan prosedur pada tahapan Pemilu 14 Februari 2024.

“Pada 19 Februari 2024, Bawaslu mengeluarkan rekomendasi masalah TPS 01 Desa Igobula terkait vidio viral petugas KPPS dan beserta seluruh petugas yang ada telah berbuat tak terpuji,” ungkapnya.

Rekomendasi ini kata dia, bersifat wajib dan harus ditindak lanjuti sebab ini perintah Undang-Undang Pemilu UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 373    Ayat 3 dan PKPU Nomor 25  Pasal 81 Terkait dengan PSU dan Pasal Pidana.

Saat ini tahapan penyilidikan telah oleh Bawaslu dan limpahkan ke tim Gakumdu lalau tahapan penyelidikan dijalankan.

“Pastinya, perbuatan TPS 01 Igobula sangat tak terpuji ini sangat merusak marwah lembaga,” tegasnya.

Soal persiapan pengamanan di wilayah TPS 01 Desa Igobula Kecamatan Galela, pihaknya belum terhubung dengan polres setempat.

Dari 17 kecamatan di Halut sudah selesai pleno tingkat kecamatan,  pertama ialah Tobelo Barat. Kotak suaranya telah digeser ke gudang KPU, Selasa 20 Februari 2024.

“Ini cepat. Sebab Kecamatan Tobelo Barat memilik 5 desa dan dua anak desa untuk Tobelo Barat,” ungkapnya. (*)