EKOBIS  

NHM Gelar Bimtek Standardisasi dan Usaha Jasa di Gosowong

NHM menggelar bimtek aspek standardisasi dan usaha jasa di Gedung Two Rivers, Gosowong pada 16 - 18 Januari 2024. (Foto: Ist)
NHM menggelar bimtek aspek standardisasi dan usaha jasa di Gedung Two Rivers, Gosowong pada 16 - 18 Januari 2024. (Foto: Ist)

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Guna meningkatkan kapasitas karyawan NHM dan mitra kerja di Tambang Emas Gosowong, NHM menggelar bimbingan teknis (bimtek) Aspek Standardisasi dan Usaha Jasa di Gedung Two Rivers, Gosowong pada 16 – 18 Januari 2024.

Kegiatan oleh Departemen GMP dan Departemen OHS, Divisi Training ini menghadirkan narasumber Inspektur Tambang, Andi Ari Santoso, Kepala Sub Koordinator Direktorat Teknik dan Lingkungan ESDM.

Bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan torehan prestasi NHM pada ajang perhelatan GMP Award tahun ini.

Rara Dodo Lawolo (Rado), KTT NHM, berharap agar para peserta dapat menggunakan kesempatan ini dan bisa langsung berdiskusi interaktif dengan narasumber. Ini agar selesai kegiatan ini peserta dapat mengimplementasikan ilmunya kepada operasional sehari-hari.

“Selain itu, bimtek ini juga dapat memperbaiki target GMP Award tahun 2024,” harap Rado.

Kegiatan ini merupakan rangkaian bimtek oleh perusahaan untuk karyawan NHM dan mitra kerja. Juga  ini batch ke-1 dari rencana 3 batch bimtek, yang semuanya pada Januari 2024 di site Gosowong.

Bimtek lainnya akan diselenggarakan adalah Aspek Keselamatan Pertambangan dan Aspek Konservasi Mineral.

Peserta hadir saat sesi opening sebanyak 58 orang terdiri dari anggota working group dan perwakilan departemen seperti Manajer/Superintendent dan perwakilan Penanggungjawab Operasional (PJO) Mitra Kerja.

Selama penyelenggaraan GMP Award dari tahun 2019 hingga 2023, Aspek Standardisasi dan Usaha Jasa masih memerlukan perbaikan signifikan. Karena itu, aspek ini menjadi prioritas utama untuk bimtek di Gosowong.

“Bimtek ini dapat menyiptakan kesepahaman dalam implementasi kaidah GMP sekaligus meminimalisasi kekeliruan dalam persiapan dan proses pengisian data dan dokumen,” jelas Manajer GMP, Arifin Amiruddin.

Para peserta bimtek, khususnya anggota working group mendapatkan penjelasan detail dan komprehensif dari pembicara yang hadir perihal ruang lingkup Aspek Standardisasi dan Usaha Jasa.

Peserta juga dapat bimbingan langsung untuk mengumpulkan data, dokumentasi hingga memahami kriteria-kriteria baku dalam penilaian GMP Award.

Tria Shinta D. A. Mumulati, Site Admin PT Boart Longyear, peserta bimtek, merasakan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Ini kali pertama saya mengikuti bimtek Aspek Standardisasi dan Usaha Jasa. Kegiatan ini sangat positif bagi kami selaku pelaku usaha jasa. Hal ini sangat penting karena selaku usaha jasa kami dapat memperbaiki dan mengembangkan sesuai kaidah pertambangan yang baik,” sebut ia.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan kepada NHM oleh Yesi C. Karouw, PJO PT Roda Emas Indotred.

Menurutnya, bimtek ini sangat membantunya untuk lebih paham tentang Standardisasi dan Usaha Jasa.

“Lebih membuka wawasan terkait perundangan, standar yang harus dipenuhi dan secara khusus tanggung jawab sebagai seorang PJO. Sehingga kedepannya selaku perusahaan mitra kerja dapat menunjang operasional di Tambang Emas Gosowong,” ungkapnya.

Saat penutupan bimtek, peserta NHM mengusulkan slogan untuk Aspek Standardisasi dan Usaha Jasa yakni “Tertata, Tepat dan Terpenuhi” yang dapat digunakan sebagai slogan secara nasional.

Arti dari slogan ini adalah penerapan Standardisasi dan Usaha Jasa yang baik dan benar harus mengikuti kaidah, sistem, dan aturan berlaku di negara. (rls)