Masa Tenang, Bawaslu Way Kanan Apel Siaga Pemilu 2024

Bawaslu Way Kanan mengadakan apel siaga Pemilu 2024 di Halaman Buay Pemuka Pemda setempat, Minggu (11/2/2024). (Foto: Ist)
Bawaslu Way Kanan mengadakan apel siaga Pemilu 2024 di Halaman Buay Pemuka Pemda setempat, Minggu (11/2/2024). (Foto: Ist)

WAY KANAN, MATAHARIPOS.COM- Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Way Kanan, Provinsi Lampung, mengadakan apel siaga Pemilu 2024 di Halaman Buay Pemuka Pemda setempat, Minggu (11/2/2024).

Ketua Bawaslu Way Kanan, Sukindra menjelaskan, Apel Siaga Pemilu ini dalam rangka optimalisasi pengawasan masa tenang, pengawasan masa pemungutan, dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Adanya kegiatan ini, kita semua dapat memaknai penyelenggaraan pemilu secara utuh dan dapat berlangsung Luber, Jurdil, dan terlaksana sesuai regulasi berlaku,” harapnya.

Masih kata Sukindra, sesuai PKPU,  masa tenang berlangsung 3 hari. Hari ini merupakan hari pertama dan berakhir pada Selasa 13 Februari 2024.

“Sangat penting bagi kita semua untuk bersama-sama meningkatkan komitmen dan menjaga kondusifitas, keamanan, kedamaian dan gembira dalam penyelenggaraan pemilu di  Way Kanan,” katanya.

Guna menyamakan persepsi untuk tahapan masa tenang berlangsung aman dan tertib, seluruh peserta pemilu (partai politik dan calon DPD) dapat menertibkan secara mandiri seluruh Alat Peraga Kampanye dan tak berkampanye dalam bentuk apapun.

Apel Siaga Pemilu tahun 2024 itu secara serentak de-Provinsi Lampung. Bawaslu akan menertibkan Alat Peraga Kampanye sesuai aturan.

“Semoga pemilu di Way Kanan dapat berjalan tertib dan aman,” harapnya.

Terpisah, Kapolres Way Kanan, AKBP Pratomo Widodo, mengatakan, selaku garda terdepan keamanan dan ketertiban masyarakat, pihaknya siap mendukung dan berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024.

“Mari bersama-sama menjaga keadaan sudah kondusif. Juga  bekerja sama supaya pemilu ini bisa berjalan lancar, aman, adil dan jujur,” harapnya, usai kegiatan.

Ia juga mengajak masyarakat bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 untuk turut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban, tak mudah terprovokasi informasi yang mungkin banyak beredar di media sosial. (sah)