Bawaslu Halut Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Halut menggelar apel siaga dan patroli pengawasan di Lapangan Hibualamo, Desa Gamsungi, Sabtu (10/2/2024). (Foto: Ist)
Bawaslu Halut menggelar apel siaga dan patroli pengawasan di Lapangan Hibualamo, Desa Gamsungi, Sabtu (10/2/2024). (Foto: Ist)

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, menggelar apel siaga dan patroli pengawasan di Lapangan Hibualamo, Desa Gamsungi, Kecamatan Tobelo, Sabtu (10/2/2024).

Ketua Bawaslu Halut, Ahmad Idris, mengimbau agar pengawas pemilu selalu waspada dalam mengawasi proses jalannya tahapan pemilu pada masa tenang.

Selain itu, ia berharap kecamatan lain tak bisa gabung kerena mengawasi pergeseran logistik, baik tingkat kecamatan, desa, sampai TPS agar memastikan proses masa tenang tak ada lagi kampanye dan penyebaran bahan kampanye.

“Diharapkan cermat dan tegas agar memastikan tak ada semua pergerakan partai politik satu langkah pun,” tegasnya.

Pihaknya tak bisa memberi ruang terjadi praktik politik uang.

Karena itu, ia meminta jajaran Bawaslu seluruh tingkatan memastikan tak terjadi praktik politik uang.

Ini (politik uang) kata ia, untuk mencegah dengan gerakan menolak politik uang dan memastikan tak ada pemberian uang lewat pintu depan, belakang ataupun jendela.

“Bawaslu Halut berterima kasih kepada pemerintah daerah karena¬† telah membantu dan bekerja sama dengan Polri/TNI menyukseskan pemilu,” ucap ia.

Ahmad Idris berharap pada 14 Februari, pengawas pemilu memastikan semua proses pemungutan suara, perhitungan suara sampai masuk tahapan rekapitulasi di tingkat PPK KPU Halut berjalan sesuai prosedur dan ketentuan undang-undang berlaku.

“Pastikan tak ada pelanggaran. Kalau ada pelanggaran dapat dicegah lebih dahulu, lakukan pencegahan. Bila terjadi pelanggaran di TPS, kami berpesan jaga kesehatan hingga proses tahapan pemilu selesai,” harapnya. (rls)