EKOBIS  

NHM Peringati Bulan K3 Nasional 2024 Terus Tingkatkan Kesadaran K3

ERT NHM memperagakan sigap dan kerja sama tim dalam prosedur mengamankan lokasi insiden dan evakuasi korban. (Foto: Ist)
ERT NHM memperagakan sigap dan kerja sama tim dalam prosedur mengamankan lokasi insiden dan evakuasi korban. (Foto: Ist)

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) tahun 2024 di Tambang Emas Gosowong dimulai dengan pelaksanaan apel pembukaan di lapangan mini soccer Gosowong, Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara, Jumat 12 Januari 2024.

Kegiatan itu diikuti para manajer dan karyawan dari semua perwakilan departemen serta mitra kerja PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) di Tambang Emas Gosowong.

Agenda tahunan BK3N diperingati setiap 12 Januari hingga 12 Februari itu mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Apel itu merupakan awal dari serangkaian kegiatan BK3N 2024 yang berlangsung selama satu bulan penuh dengan diisi berbagai kegiatan dan perlombaan yang bertujuan meningkatkan kesadaran K3.

Seperti Pameran Pencapaian K3 antar departemen, Lomba Pemadaman Api, Lomba First Aid, Donor Darah, Health Talk, dan Color Fun Run.

Wakil Direktur Operasi atau KTT, Rara D. Lawolo (Rado), sebagai Pembina Apel Pembukaan BK3N 2024 menegaskan, komitmen NHM untuk memprioritaskan K3 dalam setiap kegiatan operasional di Tambang Emas Gosowong.

“Atas nama jajaran Direksi dan Manajemen, kami berterima kasih atas peran aktif semua karyawan menjaga aspek K3 dalam kegiatan masing-masing dan terus berkomitmen, bahwa K3 tetap menjadi fokus dan pilar utama,” ujar dia, Kamis (8/2/2024).

Pihaknya ikut mengajak agar jajarannya menjadikan K3 sebagai budaya dan kebutuhan dalam kegiatan sehari-hari, bukan hanya sekadar pemenuhan kewajiban.

Dia juga mengapresiasi upaya seluruh karyawan dalam menjaga K3 sehingga NHM menjadi salah satu perusahaan tambang di Indonesia yang konsisten menerapkan Kaidah-kaidah pertambangan yang Baik (Good Mining Practices).

Usai apel tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan atraksi Emergency Response Team (ERT) NHM dengan melakukan prosedur Motor Vehicle Accident Rescue (Penyelamatan Kecelakaan Kendaraan Bermotor).

Selain itu, kegiatan apel juga dimeriahkan oleh kuis BK3N yang mengasah wawasan K3 para karyawan.

ERT NHM memperagakan kesigapan dan kerja sama tim dengan sangat baik dalam melakukan prosedur pengamanan lokasi insiden dan evakuasi korban. (rls)