Bawaslu Bandarlampung Bakal Selidiki Dugaan Aparat Kelurahan Tak Netral

Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Bandarlampung, Oddy Marsa. (Foto: Ist)
Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Bandarlampung, Oddy Marsa. (Foto: Ist)

BANDARLAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung akan menyelidiki dugaan aparat kelurahan dan kecamatan terlibat kampanye nasional Partai Nasdem di Kecamatan Panjang.

Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Kota Bandarlampung, Oddy Marsa, meminta masyarakat mengadukan hal tersebut ke panwaslu kecamatan atau kota.

“Jika ada indikasi tak netral perangkat kelurahan dan kecamatan, kami meminta masyarakat melapor kepada panwaslu kecamatan atau kota disertai bukti,” tegas ia usai setelah rapat koordinasi bersama Panwascam se-Bandarlampung di Hotel Sheraton, Ahad (4/2).

Oddy menegaskan, Bawaslu Bandarlampung bersama Panwascam akan menindaklanjuti informasi tersebut.

“Kami akan selidiki bersama Panwascam. Jika benar ini terbukti, ini merupakan suatu pelanggaran harus kami tindak lanjuti,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, warga Bandarlampung mengaku mendapat instruksi pihak kelurahan dan kecamatan untuk menghadiri kampanye nasional Partai Nasdem di Lapangan baruna, Kecamatan Panjang, Senin 29 Januari 2024.

Terpisah, DPW Nasdem Provinsi Lampung belum memberikan respon soal instruksi kepada kelurahan dan kecamatan untuk menghadiri kampanye nasional Nasdem .

Ketua DPW Partai Nasdem merupakan suami dari Wali Kota Bandarlampung saat ini. Diduga ada penyalahgunaan kekuasaan atau asas manfaat hubungan keluarga bisa saja dilakukan untuk kepentingan suatu kelompok atau parpol. (alb)