DAERAH  

Harlah ke-101 NU, Pj Bupati Tubaba Ajak Elemen Masyarakat Tingkatkan Solidaritas

Pj Bupati Tubaba, M. Firsada, menghadiri Ngopi Bareng untuk memperingati harlah ke-101 Nahdlatul NU di Pondok Pesantren Darul Hidayah Al-Anshori. Kamis (1/2/2024). (Foto: Ist)
Pj Bupati Tubaba, M. Firsada, menghadiri Ngopi Bareng untuk memperingati harlah ke-101 Nahdlatul NU di Pondok Pesantren Darul Hidayah Al-Anshori. Kamis (1/2/2024). (Foto: Ist)

PANARAGAN, MATAHARIPOS.COM- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Drs. M. Firsada, menghadiri Ngopi Bareng untuk  memperingati hari lahir (harlah) ke-101 Nahdlatul Ulama (NU).

Dengan tema “Memacu Kinerja, Mengawali Kemenangan Indonesia,”  acara itu di Pondok Pesantren Darul Hidayah Al-Anshori, Tiyuh/Desa Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Kamis (1/2/2024).

Menurut M. Firsada, melalui acara ini semua berkesempatan saling berbagi pemikiran, pengalaman, dan harapan untuk masa depan lebih baik.

“Ngopi bareng tak hanya sekadar berkumpul sambil menikmati secangkir kopi tapi juga ajang berdiskusi berbagai isu penting yang sedang dihadapi masyarakat,” katanya.

Ia berharap pertemuan ini dapat menghasilkan gagasan-gagasan  kreatif dan solus nyata dalam mendukung pembangunan masyarakat di Tubaba yang berbasis pada nilai-nilai kemanusiaan.

Dalam memperingati harlah ke-101 NU,  Firsada mengajak NU dan seluruh elemen masyarakat selalu meningkatkan semangat solidaritas dan peduli terhadap sesama.

“Teruslah menjadi garda terdepan mempromosikan perdamaian dan toleransi di tengah perbedaan. Pahami, persatuan kita ialah kekuatan kita. Dngan bersatu, kita dapat mengatasi segala tantangan yang menghadang,” tuturnya.

Senantiasa lanjut ia, juga harus mengingat seluruh jasa, pengorbanan, dan perjuangan para pendiri NU dalam membangun organisasi ini menjadi bagian integral kehidupan perjuangan rakyat.

“Nilai-nilai keberagaman, keadilan, dan semangat kebersamaan oleh para ulama NU harus kita jaga dan lestarikan sebagai warisan berharga bagi para generasi mendatang,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta agar selalu dapat memperkuat sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan organisasi keagamaan untuk menyiptakan iklim kondusif bagi pembangunan berkeadilan di wilayahnya.

“Kita harus mendorong sinergi erat antara pemerintah dan NU dalam berbagai program pembangunan, terutama meningkatkan kualitas pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” ucapnya.

Sebagai bagian komunitas peduli, lanjut ia, semua harus tetap berpegang teguh pada semangat gotong royong dan kerja bersama yang menjadi landasan dari keberhasilan NU dalam berkiprah memajukan masyarakat.

“Melalui kerja sama harmonis, kita dapat menciptakan kehidupan yang lebih bermakna bagi semua lapisan masyarakat,” ujarnya

Firsada juga mengajak uulntuk menggunakan momentum ulang tahun ke-101 NU ini untuk merenungkan peran masing-masing dalam mewujudkan tujuan mulia ini.

“Saya berharap semangat kebersamaan tulus dapat terus membara dalam diri kita semua. Jadi, ngopi bareng ini akan membawa inspirasi dan optimisme,” ungkapnya.

Dengan ngopi bareng ini tambah  Firsada, akan menjadi langkah awal dari serangkaian kegiatan positif yang akan memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

“Mari kita terus jalin rasa persaudaraan, saling mendukung, dan melangkah bersama membangun masyarakat Tubaba yang kita cintai ini menjadi lebih baik,” ajaknya. (mar)