Diduga Korsleting, Lima Rumah di Bumi Baru Terbakar

Polsek Blambangan Umpu mendatangi kebakaran lima rumah bedengan pasar di Dusun 6 Kampung Bumi Baru, Rabu (31/1/2024). (Foto: Ist)
Polsek Blambangan Umpu mendatangi kebakaran lima rumah bedengan pasar di Dusun 6 Kampung Bumi Baru, Rabu (31/1/2024). (Foto: Ist)

WAY KANAN, MATAHARIPOS.COM- Polsek Blambangan Umpu Polres Way Kanan mendatangi peristiwa kebakaran lima rumah bedengan pasar di Dusun 6 Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, Rabu (31/1/2024).

Kelima rumah kebakaran itu  merupakan milik Farida, Wawan Kurnia dan M. Yana kondisinya ludes dilahap sijago merah beserta isinya, sedangkan rumah milik Bambang dan Sardadi sebagian atap rumah habis terbakar api dan sebagian barang diselamatkan.

Kapolsek Blambangan Umpu AKP Catur Hendra Sutejoe mendampingi Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo menjelaskan, setelah mendapatkan informasi dari warga pada Selasa (30/1/2024) sekira pukul 10.30 WIB, terjadi kebakaran rumah sebanyak 5 rumah bedengan pasar di Dusun 06 Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

“Petugas langsung mendatangi lokasi kejadian. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa,” kata ia.

Menurut saksi, diduga api berasal dari korsleting atau hubungan arus pendek listrik.

Saat itu saksi pulang dari membantu memasak dan melihat ada kepulan asap dan api yang membumbung yang berada di atap rumah Farida dan rumah Wawan Kurnia di mana rumah tersebut bergandengan.

“Saksi meminta tolong warga sekitar untuk bersama-sama memadamkan api. Karena posisi bedengan rumah bergandengan, sehingga api menjalar dari rumah ke rumah berada di sebelah kiri dan kanan,” ujarnya.

Sekitar pukul 13.00 WIB api dipadamkan oleh warga bersama anggota Polsek Blambangan Umpu, BPBD, dan Damkar Kabupaten Way Kanan.

“Situasi sudah dalam keadaan aman dan kondusif. Ditaksir kerugian materil diperkirakan Rp200 juta,” ungkapnya. (sah)