DAERAH  

Pj. Bupati Tanggamus Lepas Bantuan Beras

Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, melepas Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah tahun 2024 di Gudang Perum Bulog Pekon Rantau Tijang Kecamatan Pugung, Senin (29/1/2024). (Foto: Ist)
Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, melepas Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah tahun 2024 di Gudang Perum Bulog Pekon Rantau Tijang Kecamatan Pugung, Senin (29/1/2024). (Foto: Ist)

PUGUNG, MATAHARIPOS.COM- Penjabat Bupati Tanggamus, Ir. Mulyadi Irsan, menyalurkan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah tahun 2024 di Gudang Perum Bulog Pekon Rantau Tijang Kecamatan Pugung, Senin (29/1/2024).

Mulyadi Irsan mengatakan, bantuan pangan beras kembali digulirkan pemerintah kepada total 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

“Jumlah penerima bantuan pangan beras tahun 2024 ini meningkat sekitar 8 persen dibandingkan penerima tahun sebelumnya sejumlah 21,3 juta KPM,” jelasnya.

Bantuan pangan beras ini merupakan arahan langsung Presiden Indonesia, Joko Widodo, untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia.

Selain itu, bantuan beras merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi musim kemarau panjang yang diakibatkan badai El Nino dan untuk mengantisipasi krisis pangan.

Tanggamus menyalurkan bantuan pangan mulai 29 Januari 2024 kepada 81.374 KPM. Jumlah sasaran ini berdasarkan data P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem) yang bersumber dari kantor Kemenko PMk-RI.

Setiap tahapan pada kegiatan ini sesuai Juknis Bapanas, yaitu keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI No. 01/TS.0303/K/1/2024 tanggal 02 Januari 2024 tentang petunjuk teknis penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan tahun 2024.

Penyaluran bantuan pangan ini di kantor PT. Pos Indonesia di Tanggamus.  Penyaluran bantuan pangan tahun 2024 dua tahap, yaitu tahap 1 pada Januari – Maret dan tahap 2 pada April – Juni.

Akan ada 16 pekon yang membutuhkan penyaluran sekaligus 3 bulan yakni Cukuh Balak 4 pekon, Pematang Sawah 10 pekon, Semaka 1 pekon, Pugung 1 pekon,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Catur Agus Dewanto, mengatakan, laporan bantuan pangan tahun 2024. Penyaluran CPP melalui pemberian bantuan pangan bertujuan mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan.

Juga sebagai upaya mengentaskan kemiskinan menangani kerawanan pangan menanggulangi kekurangan pangan dan gizi menurunkan penting mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi serta melindungi produsen dan konsumen.

Untuk sasaran penerima bantuan pangan berasal dari data P3KE dari Kemenko PMK RI sebagai Walidata adalah masyarakat miskin dan yang mengalami rawan pangan dan gizi.

Penerima bantuan pangan ditetapkan oleh kepala badan berdasarkan hasil rapat koordinasi tingkat menteri/kepala lembaga.

Adapun sumber data penerima bantuan pangan berasal dari; kementerian yang menyelenggarakan koordinasi sinkronisasi dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintah di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, lembaga pemerintah non kementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana, dan lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun sasaran penerima bantuan pangan di Tanggamus sebanyak 81.374 orang pada 20 kecamatan, 302 pekon atau kelurahan. (wan)