Waaster Kasad Bidang Ren Dan Puanter Kunjungi PLTU Sebalang

matahari
Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Jaka Sutanta, mendampingi Waaster Kasad Bidang Ren Dan Puanter Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, berkunjung kerja ke PLTU Sebalang, Lampung Selatan, Kamis (25/1/2024).
Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Jaka Sutanta, mendampingi Waaster Kasad Bidang Ren Dan Puanter Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, berkunjung kerja ke PLTU Sebalang, Lampung Selatan, Kamis (25/1/2024).
Example 120x600

LAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Mewakili Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Jaka Sutanta, S.Sos., mendampingi Waaster Kasad Bidang Ren Dan Puanter, Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., berkunjung kerja ke PLTU Sebalang, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (25/1/2024).

Terry Tresna Purnama menyambangi PLTU Sebalang dalam rangka melaksanakan pengawasan, pendampingan penerimaan, dan pengujian kualitas Batubara.

GM PLTU Sebalang, Otniel Marung, mengatakan, PLN Nusantara Power dan TNI AD menandatangani  perjanjian kerja sama pada 12 April 2023.

“Perjanjian itu tentang pendampingan dan pelatihan dalam rangka penerimaan dan pengujian batubara pada unit-unit dengan pengelola PLN Nusantara Power,  salah satunya di PLTU Sebalang,” jelasnya.

Otniel Marung mengungkapkan, perjanjian ini telah ditindaklanjuti dengan menempatkan personel TNI dari Kodim 0421/Lampung Selatan (LS) dan telah bertugas dengan baik sampai saat ini.

“Setelah pengamanan,  kualitas Batubara pemasok PLN Nusantara Power dan surveyor dapat bertugas sesuai tupoksi masing-masing. Ini agar kegiatan penerimaan batubara dapat berjalan lancar,” terangnya.

Ia menerangkan, Kodim 0421/LS dan jajaran senantiasa turun menjadi fasilitator menyelesaikan segala macam permasalahan terjadi, baik itu antara PLN dan masyarakat, maupun supplier batubara dan masyarakat.

“Selain itu juga PLTU Sebalang bersama Kodim 0421/LS berkolaborasi dalam menyambut HUT TNI dan PLN dengan program bedah rumah, membangun rumah tak layak huni menjadi rumah layak huni tipe 36 permanen. Peresmiannya Oktober 2023,” ujarnya.

Terry Tresna Purnama mengatakan, selama kurang lebih 10 tahun personel TNI AD telah bertugas pendampingan batubara.

“Saya memandang perlu melaksanakan pengawasan secara rutin terhadap personel TNI AD yang melaksanakan tugas pendampingan,”

Dirinya sengaja memanfaatkan waktu untuk menyampaikan pengarahan karena PLTU Sebalang ini merupakan objek vital nasional bersifat strategis di Lampung Selatan.

Ia menerangkan, PLTU Sebalang,  berperan penting menyediakan energi listrik untuk menunjang kegiatan pembangunan nasional. Juga untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat di Lampung Selatan dan sekitarnya.

“Tugas pendampingan batubara oleh TNI AD di 15 Unit PLTU wilayah Jawa Sumatera ini merupakan penjabaran dalam perjanjian kerja sama antara kedua pihak, antara PT. PLN Nusantara Power dan TNI AD,” jelasnya.

Ia menambahkan, tugas pokok personel TNI AD yang terpilih menjadi pendamping dari Kodim 0421/LS ialah melaksanakan pendampingan, penerimaan dan pengujian barang-barang sesuai dengan standarisasi PT. PLN Nusantara Power.

“Kalian harus pedomi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sebagai insan teritorial yang menjadi pendamping tugas pokoknya di PLTU Sebalang ini. Laksanakan tugas ini dengan baik, jaga citra TNI AD dan jaga nama baik satuan kita,” pintanya. (rls)