DAERAH  

BSMS Ubah Gaya Hidup, Warga Panaragan Ucapkan Terima Kasih

Program BSMS mengubah gaya hidup, warga Panaragan mengucapkan terima kasih. (Foto: Istimewa)
Program BSMS mengubah gaya hidup, warga Panaragan mengucapkan terima kasih. (Foto: Istimewa)

PANARAGAN, MATAHARIPOS.COM- Program Bantuan Swadaya Mahan Sejahtera (BSMS) telah mengubah wajah Tiyuh/ Desa Panaragan, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Ini lantaran transformasi rumah-rumah tak layak huni menjadi tempat tinggal layak dan sehat.

Warga gembira dan berterima kasih karena bantuan tersebut.

Ketua Kelompok Panaragan Jaya, Holan, menjadi salah satu warga yang merasakan dampak positif langsung dari program ini.

“Rumah kami kini telah jadi tempat tinggal layak. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program ini,” kata ia, Jumat (26/1/2024).

Program BSMS di Panaragan merupakan bagian inisiatif Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah.

Bantuan ini tak hanya berfokus pada pembangunan fisik rumah tapi juga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Pelaksanaan program ini pun diawasi ketat. Ini agar memastikan, bahwa tak ada potongan dana.

Sekadar informasi, dana BSMS telah direalisasikan menjadi bangunan-bangunan baru. Tak hanya menampung kebutuhan dasar tapi juga menambah estetika lingkungan.

Sebagian besar penerima bantuan  meluaskan rumah dengan menggunakan material tambahan yang mereka siapkan sendiri.

Awal program ini untuk empat tiyuh di Tubaba. Panaragan menjadi salah satu penerima utama.

Pejabat Pembuat Komitmen, Siti Fatimah, secara simbolis menyerahkan bantuan ini pada 15 Agustus 2023.

Lurah Panaragan Jaya, Risman, berharap agar para pelaksana proyek bekerja maksimal. Ini agar dapat berdampak positif dalam mengubah masyarakat.

Konsultan Pendamping dari Dinas PKPCK Provinsi Lampung, Edi Kusmanto, menekankan, perubahan perilaku hidup sehat dan menabung penting di kalangan masyarakat, selain meningkatkan kualitas rumah.

Menurutnya, transformasi BSMS di Panaragan tak hanya terbatas meningkatkan infrastruktur tapi juga mengubah pola pikir dan gaya hidup warganya.

“Ini langkah maju yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan di Lampung,” tandas Edi. (*)