Koramil 1508-04/Malifut dan Warga Bersihkan Drainase Antispasi Banjir

Koramil 1508-04/Malifut bersama pemerintah desa dan masyarakat membersihkan saluran air di Desa Samsuma, Kamis (18/1/2024). (Foto: Ist)
Koramil 1508-04/Malifut bersama pemerintah desa dan masyarakat membersihkan saluran air di Desa Samsuma, Kamis (18/1/2024). (Foto: Ist)

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Koramil 1508-04/Malifut bersama pemerintah desa dan masyarakat mengadakan karya bakti membersihkan saluran air.

Kegiatan itu berlangsung di Desa Samsuma, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Kamis (18/1/2024).

Pjs. Danramil 1508-04/Malifut, Lettu Arh Sugeng Rahayudi, mengatakan, kegiatan ini bertujuan membersihkan saluran air untuk umum.

Juga kata Sugeng, karya bakti ini melancarkan jalan air guna mengantisipasi terjadi luapan air atau banjir ke jalan raya bila hujan turun.

“Selain itu kegiatan ini juga bertujuan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” jelas ia.

Ia menjelaskan, sasaran karya bakti membersihkan saluran air itu karena banyak rumput dan tumpukan sampah hampir sepanjang drainase tersebut.

Ia berharap, jika saluran sudah bersih, semua harus bertanggungjawab menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

“Genangan air mengeluarkan aroma tak sedap karena sampah bercampur air kotor. Inilah yang mengakibatkan timbul wabah penyakit dan lain sebagainya,” katanya.

Pihaknya mengajak agar bersama dapat budayakan pola hidup bersih dan sehat, dengan tak membuang sampah sembarangan, karena akan berdampak luas bagi masyarakat.

Selain kegiatan karya bakti, Danramil juga mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan tempat tinggal masing-masing agar tetap bersih dan sehat. (rls)