DAERAH  

HUT Ke-18, SPORC Apel Siaga di Lapangan TNWK Lampung Timur

matahari
HUT ke-18 SPORC di Lapangan Apel TNWK Plang Ijo Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Tridatu, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (18/1/2024).
HUT ke-18 SPORC di Lapangan Apel TNWK Plang Ijo Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Tridatu, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (18/1/2024).
Example 120x600

LAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Upacara memperingati HUT ke-18 Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) berlangsung di Lapangan Apel TNWK Plang Ijo Desa Labuhanratu IX, Kecamatan Tridatu, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (18/1/2024).

Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, S.E., Msc., Ph.D, mengatakan, kegiatan di Taman Nasional Way Kambas itu sebagai komitmen bersama melindungi dan menjaga Taman Nasional sebagai kekayaan bangsa dan benteng terakhir Keanekaragaman Hayati (Kehati) Indonesia.

Menurutnya, kegiatan bertema “SPORC Siaga Rimba Terjaga” ini menunjukkan, bahwa SPORC merupakan Polhut dengan kualifikasi khusus memiliki peran sangat penting dalam menjaga kelestarian sumber daya hutan dan lingkungan.

“Saya selaku penanggungjawab SPORC mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran SPORC yang senantiasa siap siaga bergerak cepat, tepat dan akurat menjaga kelestarian ekosistem sumberdaya alam hutan, lingkungan hidup serta keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya,” ucap ia.

Wamen menambahkan, penguasaan teritori oleh SPORC juga memerlukan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak terkait.

“Baik tingkat pusat, daerah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, media maupun masyarakat, untuk membangun kesadaran, partisipasi, dan dukungan terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan kawasan hutan,” katanya.

SPORC dibentuk tahun 2002 dengan nama Satgassus Polhut Dadali.

Satuan ini dikembangkan menjadi SPORC pada tahun 2005 dan dibagi dalam 16 brigade berdasarkan wilayah kerja teritorial di seluruh Indonesia. (hen)