Hijaukan Lampung, Korem 043/Gatam Tanam 6.300 Pohon

Danrem 043/Gatam, Iwan Ma’ruf Zainudin, menanam pohon di tempat wisata Way Belerang Simpur Desa Kecapi, Senin (15/1/2024). (Foto: Ist)
Danrem 043/Gatam, Iwan Ma’ruf Zainudin, menanam pohon di tempat wisata Way Belerang Simpur Desa Kecapi, Senin (15/1/2024). (Foto: Ist)

LAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Korem 043/Gatam beserta jajaran menanam pohon secara serentak di tempat wisata Way Belerang Simpur Desa Kecapi, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15/1/2024).

Kegiatan sebagai tindak lanjut dari instruksi Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., ini agar seluruh satuan jajaran TNI AD menanam pohon di seluruh wilayah masing-masing.

Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., mengatakan, kegiatan secara serentak ini merupakan program komando atas dalam menyinergikan rasa cinta dan peduli TNI terhadap lingkungan.

“Kita menyadari, hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan penyedia hasil hutan berupa kayu, kebutuhan pangan penghasil oksigen, sarana rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati,“ katanya.

Saat ini, semua dihadapkan pada kenyataan, bahwa lingkungan hidup telah rusak, pencemaran udara, mengakibatkan langit di atas kurang cerah karena penuh gas polusi.

“Sementara itu, lahan di sekitar sering terlihat gersang, dan hutan banyak rusak. Akibatnya, saat musim penghujan, kita mengalami bencana banjir,“ terangnya.

Danrem menegaskan, selaku Komando Teritorial di wilayah Provinsi Lampung bertanggungjawab atas kelestarian hutan.

Pihaknya secara serentak bersama pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya menanam pohon pada seluruh wilayah Kodim-Kodim jajaran Korem 043/Gatam.

Target tanam sebanyak 6.300 batang pohon ini di antaranya durian, sengon, cemara, alpukat, pinang, jengkol, mangga, akasia, mahoni, dan nangka,

“Kegiatan ini bertujuan mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran,“ katanya. (rls)