Tiga Kecamatan di Pesawaran Jadi Lokus Imunisasi Rotavirus

Tiga kecamatan di Pesawaran menjadi lokus Imunisasi Rotavirus. (Foto: Ist)
Tiga kecamatan di Pesawaran menjadi lokus Imunisasi Rotavirus. (Foto: Ist)

PESAWARAN, MATAHARIPOS.COM- Setelah Kecamatan Tegineneng, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, Provinsi Lampung, kembali menggelar Gebyar Imunisasi Rotavirus kepada masyarakat di Kecamatan Negeri Katon, Kamis (11/1/2024).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setdakab Pesawaran, Joni Arizoni, mengatakan Pemkab Pesawaran memberikan imunisasi Rotavirus pada lokus tiga kecamatan se-Kabupaten Pesawaran.

“Kemarin di Tegineneng, hari ini di Negeri Katon dan besok di Marga Punduh,” kata Joni di Balai Desa Lumbirejo, Negeri Katon.

Joni menerangkan, imunisasi Rotavirus kepada bayi untuk mencegah stunting di Pesawaran.

“Imunisasi berperan penting, selain menurunkan angka kematian anak, juga menurunkan risiko anak mengalami stunting,” jelasnya.

Tercatat, anak berstatus imunisasi belum tuntas lebih berisiko stunting dibandingkan anak berstatus imunisasi lengkap.

Ia menjelaskan, imunisasi ini sesuai dengan rekomendasi WHO untuk memberikan imunisasi Rotavirus pada bayi di negara dengan tingkat kematian terkait Rotavirus Gastroenteritis (RVGE) tinggi.

Joni meminta imunisasi Rotavirus ini untuk lebih dikampanyekan kepada masyarakat.

“Kampanye kepada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan, terutama penting imunisasi Rotavirus. Ini sebagai upaya mencegah diare yang dapat berdampak stunting bayi,” kata ia lagi.

Ia berharap agar gebyar imunisasi semua bayi 2-4 bulan ini dapat mempercepat capaian imunisasi Rotavirus dengan target nasional 100 persen.

“Semoga capaian sesuai dengan target. Ini agar semua bayi dapat imunisasi rotavirus untuk mencegah diare. Pada akhirnya, bayi di Pesawaran akan terhindar stunting,” harapnya. (mds/hl)