Kepala Kampung Juku Batu Bantah Tuduhan Korupsi

Kepala Kampung Juku Batu Bantah Tuduhan Korupsi
Kepala Kampung Juku Batu Bantah Tuduhan Korupsi

WAY KANAN, MATAHARIPOS.COM- Setelah menjadi sorotan akibat pemberitaan yang menudingnya bertindak korupsi, MA Khoirin, Kepala Kampung Juku Batu, memberikan klarifikasi, Minggu (7/1/2024).

Tuduhan itu berawal dari sebuah artikel yang dipublikasikan media online pada Sabtu (6/1/2024), mengklaim bahwa Khoirin diduga memperkaya diri sendiri.

Khoirin menjelaskan, hubungannya dengan media tersebut awalnya berjalan baik, termasuk saat media tersebut mengajukan proposal MOU untuk tahun 2024.

“Konflik bermula ketika media ini menanyakan realisasi dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APB) Juku Batu,” ujar ia.

Ia pun mengundang wartawan tersebut untuk melakukan verifikasi langsung ke kampungnya dan berdiskusi dengan tim monitoring dan evaluasi Kecamatan Banjit.

Menurut Khoirin, media itu kemudian meminta bantuan biaya transportasi untuk tim yang akan turun ke lapangan.

“Saya menghargai dan mengikuti permintaan tersebut,” jelasnya.

Namun, setelah transfer dana, media tersebut tetap menerbitkan berita yang menuding Khoirin memperkaya diri sendiri.

Khoirin menegaskan, tuduhan itu tak benar dan menambahkan bahwa tak ada konfirmasi yang dilakukan secara langsung oleh media, hanya pertanyaan melalui WhatsApp.

Terpisah, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Kampung Juku Batu, Nasrudin, menyatakan bahwa realisasi dana desa selama kepemimpinan Khoirin telah terlaksana dengan baik.

Nasrudin menekankan, BPK Kampung Juku Batu selalu terlibat dalam pengawasan realisasi dana, baik untuk pekerjaan fisik maupun non-fisik.

Tuduhan ditujukan kepada Khoirin ini menimbulkan kekhawatiran pada kalangan masyarakat setempat.

Klarifikasi diberikan diharapkan dapat menjernihkan situasi dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah kampung.

Khoirin dan timnya berkomitmen untuk terus bekerja secara transparan dan akuntabel demi kesejahteraan Kampung Juku Batu. (sah)