Kasrem 043/Gatam Hadiri Seminar Meningkatkan Wawasan dan Kesadaran Generasi Muda Hipakad

Kepala Staf Korem 043/Gatam, Kolonel Inf Enjang, S.I.P., M.Han., menghadiri seminar meningkatkan wawasan dan kesadaran generasi muda Hipakad. (Foto: Ist)
Kepala Staf Korem 043/Gatam, Kolonel Inf Enjang, S.I.P., M.Han., menghadiri seminar meningkatkan wawasan dan kesadaran generasi muda Hipakad. (Foto: Ist)

BANDARLAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Kepala Staf Korem 043/Gatam, Kolonel Inf Enjang, S.I.P., M.Han., menghadiri seminar meningkatkan wawasan dan kesadaran generasi muda Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) di Sekretariat DPD Hipakad Provinsi Lampung, Jl. Way Sekampung, Pahoman Enggal, Bandar Lampung, Selasa (26/12/2023).

Seminar ini bertujuan agar generasi muda Hipakad sadar akan hukum dan berwawasan, serta memiliki sikap mental dan fisik mampu bersaing dengan sportif.

Enjang membacakan sambutan Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., mengatakan, seiring laju modernisasi dan perkembangan teknologi informasi kian kompleks dan memberikan kemudahan kehidupan manusia. Berikut juga berbagai pengaruh negatif terdapat di dalamnya, perlu adanya penangkal agar tak terjadi degradasi moral anak bangsa.

“Hal ini perlu ada pemahaman dari generasi muda tentang wawasan kebangsaan, sesuai dengan tema seminar kita, yakni “Membangun generasi muda Hipakad yang sadar hukum dan berwawasan kebangsaan.” Untuk itu, generasi muda Hipakad harus diberikan pengetahuan, mempelajari keahlian dan mengembangkan karakter atau watak publik maupun privat sejalan dengan demokrasi,” tuturnya.

Danrem juga menyampaikan, sikap mental ini harus dipelihara dan dipupuk melalui kekuatan keteladanan generasi muda Hipakad.

“Pembinaan generasi muda menjadi warga negara yang baik harus menjadi perhatian utama kita bersama, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang didasari falsafah cita-cita dan tujuan nasional,” ujarnya.

Namun sampai saat ini kata Danrem, pemahaman wawasan kebangsaan dalam diri generasi muda masih kurang.

Karena itu, perlu ada pemberian pemahaman wawasan kebangsaan kepada generasi muda, dengan kian kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan diyakini dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi tersebut.

Danrem berharap agar seminar ini, dapat menghasilkan generasi muda Hipakad, yang memiliki kecintaan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Juga generasi muda bersikap mental dan fisik berani bersaing dan berkompetisi sportif dapat meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap NKRI, dengan pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan,” harapnya. (*)