Wakili Lampung, Tuba Juara Nasional Putra Tenun Songket Indonesia 2023

matahari
Dalam sepekan Kabupaten Tuba mempersembahkan dua prestasi tingkat nasional untuk Lampung, Selasa (19/12/2023). (Foto: Ist)
Dalam sepekan Kabupaten Tuba mempersembahkan dua prestasi tingkat nasional untuk Lampung, Selasa (19/12/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

JAKARTA, MATAHARIPOS.COM- Luar biasa. Dalam sepekan Kabupaten Tulang Bawang (Tuba)  mempersembahkan dua prestasi tingkat nasional untuk Lampung, Selasa (19/12/2023).

Sebelumnya tim seni dari Tuba ini mewakili Lampung masuk lima besar Parade Lagu Daerah tingkat Nasional di TMII Jakarta, Ahad (10/12/2023). Kini, Menganai Tuba Tahun 2023 Muhammad Gerhan Lantara menjadi juara Nasional Putra Tenun Songket Indonesia 2023 mewakili Lampung.

Perjuangan tak mudah dari Muli Mekhanai Tuba Lampung ini sebagai kado spesial kepada Qudratul Ikhwan sebagai hadiah pelantikan dan pengukuhan kembali sebagai Pj. Bupati Tuba.

Sebelum meraih keberhasilan ini, Tim Muli Mekhanai Tuba mengikuti Pra Karantina dari 10 Oktober – 13 November melalui laman virtual. Karantina di Gren Alia Cikini Hotel dari 14-18 Desember 2023. Grand Final pada 18 Desember 2023 di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Kegiatan ini ialah pemilihan Putera Puteri Tenun Songket Indonesia. Acara ini juga untuk melestarikan, mempromosikan, mempertahankan eksistensi tenun songket nusantara sehingga mampu bersaing dan dikenal pada kancah dunia, yang diikuti 34 finalis seluruh Indonesia.

Ketua Ikatan Muli Mekhanai Tuba,  Sandika Ali, menjelaskan, perwakilan Provinsi Lampung Muhammad Gerhan Lantara dari Tuba merupakan pemenang kontes Duta Wisata atau Muli Mekhanai Tuba 2023.

“Ini binaan ibu Herlinawati Qudratul dan dapat dukungan penuh Pemkab Tuba di bawah pimpinan bapak  Qudratul Ikhwan sehingga mampu meraih juara 1 Putra Tenun Songket Indonesia,” jelas Sandika.

Hal ini juga kata ia, ialah capaian dan kerja keras seluruh pihak, baik mentor Seni Tuba, Rustam Effendi yang merupakan salah satu Budayawan Lampung dengan koleksi-koleksi kain tapis tuanya, maupun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tuba serta seluruh Tim Muli Mekhanai Tuba, di antaranya Moch Saddam.

Muhammad Gerhan Lantara juga sebelumnya mempromosikan kain-kain tenun tradisional khas Tuba.

Penghujung 2023 ini, ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengapresiasi atas dedikasi dan kerja keras Muli Mekhanai Tuba.

“Sukses ini kami hadiahkan untuk Bapak Qudrotul Ikhwan yang telah dilantik kembali sebagai Pj. Bupati Tuba,” katanya. (*)