Hari Juang TNI AD ke-78, Kodim 1508/Tobelo Gelar Donor Darah

Guna memperingati Hari Juang TNI AD ke-78, Kodim 1508/Tobelo menggelar donor darah di Aula Kodim 1508/Tobelo, Selasa (12/12/2023). (Foto: Ist)
Guna memperingati Hari Juang TNI AD ke-78, Kodim 1508/Tobelo menggelar donor darah di Aula Kodim 1508/Tobelo, Selasa (12/12/2023). (Foto: Ist)

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Guna memperingati Hari Juang TNI AD ke-78, Kodim 1508/Tobelo menggelar donor darah di Aula Kodim 1508/Tobelo Jalan Kawasan Pemerintahan Desa MKCM, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Selasa (12/12/2023).

Kasdim 1508/Tobelo, Mayor Inf Rusmin Nuryadin, mengatakan, donor darah ini salah satu rangkaian kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Juang TNI AD ke-78.

“Banyak untung mendonorkan darah, di antaranya menurunkan resiko kena penyakit jantung, meningkatkan produksi darah, membuat pikiran lebih stabil, dan masih banyak hal-hal lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh,” katanya.

Menurutnya, setetes darah sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang. Maka dari itu, dengan menyumbangkan darah berarti telah menyelamatkan jiwa orang membutuhkannya.

“Kegiatan ini juga untuk Kemanunggalan TNI dan rakyat karena bisa membantu kebutuhan darah di RSUD Tobelo untuk memenuhi kebutuhan darah untuk membantu masyarakat,” kata ia.

Kepala Unit Tranfusi Darah RSUD Tobelo, Stela Akualing, berterima kasih kepada Kodim 1508/Tobelo yang selalu mendukung donor darah dan selalu siap mendonorkan darah bila ada permintaan.

“Ini suatu kehormatan bagi kami dalam menjalankan pelayanan donor darah. Unit Transfusi Darah RSUD Tobelo satu-satunya unit selalu aktif berdonor darah. RSUD Tobelo sudah memiliki Bank Darah. Saat ini pasien sudah tak terlalu sulit mencari darah,” ujarnya.

Dia mengajak, setiap instansi dapat berdonor darah pada instansi masing-masing dan mendorong anggotanya untuk rutin mendonorkan darah.

“Untuk para pendonor darah aktif agar selalu menjaga kesehatan, selalu menjaga pola hidup sehat, danĀ  menjauhi prilaku bisa menimbulkan infeksi penyakit menular,” ujarnya. (*)