Kodim 0429/Lamtim Bersihkan Irigasi Antisipasi Banjir

matahari
Prajurit Kodim 0429/Lamtim membersihkan saluran air di Desa Sumbergede, Kecamatan Sekampung, Sabtu (9/12/2023). (Foto: Ist)
Prajurit Kodim 0429/Lamtim membersihkan saluran air di Desa Sumbergede, Kecamatan Sekampung, Sabtu (9/12/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

SUKADANA, MATAHARIPOS.COM- Memasuki musim penghujan, Kodim 0429/Lampung Timur (Lamtim), Provinsi Lampung, terus melakukan berbagai upaya mencegah bencana banjirdi wilayah teritorialnya.

Setelah membersihkan pasar, menanam pohon, Kodim 0429/Lamtim kembali melaksanakan karya bakti membersihkan saluran air di Desa Sumbergede, Kecamatan Sekampung, Sabtu (9/12/2023).

Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H., mengungkapkan, karya bakti membersihkan saluran air dari berbagai kotoran ini sebagai upaya mencegah bencana banjir.

“Saat ini sudah mulai musim penghujan. Jika sampah kita biarkan menumpuk di saluran air, banjir bukan hal mustahil bisa saja terjadi,” ungkapnya.

Tak hanya banjir lanjut Dandim, sampah menumpuk, selain merusak pemandangan, kebiasaan buang sampah sembarangan juga dapat menimbulkan penyakit.

“Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, dampak buruk akan lebih luas lagi, yaitu menurunkan kualitas hidup manusia,” jelas ia lagi.

Ia pun mengimbau agar warga tetap menjaga kebersihan dengan tak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air.

“Jangan sampai kita merusak suasana dengan membuang sampah sembarangan yang bisa mengganggu kesehatan dan kenyamanan bersama,” tegas Dandim.

Petugas petugas UPTD Pengairan Sekampung, Suprianto, mengaku kerap menyosialisasikan terkait larangan membuang sampah sembarangan.

“Semoga karya bakti Kodim 0429/Lamtim ini masyarakat kian sadar dan mengindahkan yang telah menjadi imbauan kami untuk tak membuang sampah sembarangan di saluran air,” harapnya. (rls)