DAERAH  

Kadiskominfosan Jelaskan Sistem Provider Internet di Pemda Halut

matahari
Kadiskominfo dan Persandian Pemkab Halut, Rymond Batawi. (Foto: Ist)
Kadiskominfo dan Persandian Pemkab Halut, Rymond Batawi. (Foto: Ist)
Example 120x600

MALUT, MATAHARIPOS.COM- Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Kadiskominfosan) Pemkab Halmahera Utara (Halut),  Rymond Batawi, menjelaskan kaitan sistem penyedia jasa internet atau provider internet di pemda setempat yang berjalan selama ini.

“Itu tagihan ke Telkom yang berjalan bukan tunggakan. Hal itu sesuai kesepakatan antara Pemda Halut dan Telkom,” kata Rymond setelah mencoba menjelaskan kembali beberapa kritik dari organisasi kepemudaan di Tobelo, belum lama ini.

Kata Rymond, kaitan dengan dugaan-dugaan ke pihaknya, bahwa  sesungguhnya banyak tak paham mengenai sistem yang ada di Pemda Halut terkait provider internet atau penyedia jasa internet.

“Sehingga membuat pernyataan kurang pas,” ucap Rymond.

Menurutnya, tahun ini pihaknya  menggandeng 4 provider atau penyedia jasa internet ke Pemda setempat, salah satunya Telkom.

Ke-4 Provider inilah yang menyediakan internet di Kantor Bupati Halut.

“Jika salah satu provider mengalami gangguan bisa ter-backup dengan yang lain dan Telkom hanya dikontrak 30 Megabyte dari total 150 Mbps kecepatan internet,” tutur ia.

Ia pun ikut menjelaskan, kembali kalau pada tahun sebelum kekuatan jaringan hanya 90 Mg.

“Kalau tahun lalu internet Pemda hanya memiliki 90 Megabyte atau second. Nah, dengan cara dibagi keempat provoder, pemda mendapat keuntungan karena kecepatan yang didapat menjadi meningkat,” ujar ia.

Di samping itu, Rymond juga menyampaikan kalau akses internet ini tak hanya dipakai di Kantor Bupati dan wilayah perkantoran tetapi juga beberapa desa bantuan dari Kominfo.

“Bukankah ini satu langkah maju kita dan sampai saat ini, layanan Internet di kantor Bupati masih lancar-lancar saja,”ungkap Kadiskominfo. (*)