Didampingi Danrem 043/Gatam, Pangdam II/Swj Sambut Kunjungan Tim Komisi I DPR RI

matahari
Pangdam II/Swj, Yanuar Adil menerima kunjungan kerja Tim Komisi I DPR RI di ruang A. Yani Makorem 043/Gatam, Senin (27/11/2023). (Foto: Ist)
Pangdam II/Swj, Yanuar Adil menerima kunjungan kerja Tim Komisi I DPR RI di ruang A. Yani Makorem 043/Gatam, Senin (27/11/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

LAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Pangdam II/Sriwijaya (Swj), Mayjen TNI Yanuar Adil bersama Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E, menerima kunjungan kerja Tim Komisi I DPR RI di ruang A. Yani Makorem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Penengahan Bandar Lampung, Senin (27/11/2023).

Kunjungan kerja Tim Komisi I DPR RI  ini untuk melaksanakan fungsi pengawasan pada Kodam II/Swj dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Juga untuk mengetahui kesiapan Kodam II/Swj dalam mendukung pengamanan Pemilu 2024.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil, menyampaikan selaku Komando Utama (Kotama) Ops TNI, memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah darat sumatera bagian selatan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Mengacu pada tugas pokok tersebut, maka tugas-tugas Kodam II/Swj adalah melaksanakan operasi TNI,  Matra Darat bidang pertahanan, melaksanakan pembangunan dan pengembangan gelar kekuatan Matra Darat dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah Sumbagsel,“ jelasnya.

Selain tugas di atas kata Pangdam,  sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34 tahun 2004, Kodam II/Swj juga melaksanakan tugas-tugas dalam OMSP di mana didalamnya terdapat tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri.

Pangdam menjelaskan, tanggung jawab Kodam II/Swj mencakup wilayah sumbagsel, yang meliputi lima provinsi dengan lima korem, kelima provinsi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang intensif guna menciptakan kondisi kondusif.

Secara umum kondisi wilayah Kodam II/SWJ hingga saat ini relatif aman dan kondusif walau saat ini tengah berlangsung  tahapan pemilihan umum 2024. Hal ini dapat terwujud berkat ada kerja sama, koordinasi, dan sinergi baik dari semua stakeholder.

“Kita semua memahami, pelaksanaan pesta demokrasi pemilu  merupakan event akbar nasional yang menjadi atensi dan perhatian. Untuk itu, stabilitas keamanan daerah, harus tetap terjaga sebelum, selama, dan setelah pemilihan, untuk kesekian kali netralitas TNI kembali harus kami tunjukkan,“ tegasnya.

Ia juga telah memerintahkan seluruh Prajurit dan PNS TNI AD di jajaran Kodam II/Swj senantiasa berpegang teguh pada azas netralitas TNI, dan tidak terpengaruh dengan berbagai isu tak dapat dipertanggungjawabkan

“Kami telah berkomitmen selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan tak terlibat politik praktis dalam bentuk apapun juga,“ kata Yanuar Adil menegaskan. (*)