Wahdi Ajak Semua Pihak Basmi Peredaran Narkoba

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin, menghadiri sosialisasi P4GN DPC Granat Metro bagi pengurus DPAC/DPACK se-Metro di Hotel Grand Skuntum, Jumat (3/11/2023). (Foto: Matahari Pos)
Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin, menghadiri sosialisasi P4GN DPC Granat Metro bagi pengurus DPAC/DPACK se-Metro di Hotel Grand Skuntum, Jumat (3/11/2023). (Foto: Matahari Pos)

METRO, MATAHARIPOS.COM- Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin, mengajak semua pihak meningkatkan peran mencegah, memberantas penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika di kota ini.

“Metro sebagai kota pendidikan juga sangat rawan jadi tempat beredar gelap narkoba,” ungkap Wahdi Sirajuddin dalam sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) DPC Granat Metro bagi pengurus DPAC/DPACK se-Metro di Hotel Grand Skuntum, Jumat (3/11/2023).

Wahdi mengapresiasi pengurus DPAC dan DPACK Granat Metro yang telah berpartisipasi melakukan langkah positif bersama dengan aparat penegak hukum dalam upaya P4GN.

“Hal positif ini harus terus kita jaga dan pertahankan sebagai wujud komitmen kita terus memerangi penyalahgunaan narkotika,” katanya.

Ia menegaskan, kejahatan narkotika sebagai kejahatan luar biasa, terorganisasi, dan bersifat lintas negara harus di atasi serius.

Karena kata Wahdi, hal ini dapat menjadi salah satu senjata dalam proxy war melumpuhkan kekuatan suatu negara, sehingga harus diberantas dan ditangani dengan pendekatan seimbang antara pengurangan pasokan dan permintaan.

“Masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba ini perlu dapat perhatian khusus dari seluruh komponen bangsa. Tak terkecuali bagi organisasi masyarakat, seperti Granat,” katanya.

Tantangan dihadapi saat ini kata Wahdi, berupa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika telah kian memprihatinkan. Ini karena penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika ini masuk dan menyasar seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali Granat Metro.

Dia berharap sosialisasi ini mampu menambah wawasan dan masukan bagi peserta dan semua pihak tentang persepsi dan  upaya-upaya yang diperlukan dalam P4GN di Metro.

Siva, peserta kegiatan, mengatakan, sosialisasi ini sangat baik, mulai dari pengenalan jenis-jenis dan akibat dari narkoba. Juga penjelasan gerakan dan rencana program-program kedepan.

“Saya berharap ada gerakan pemerintah mengubah pola pikir dan kebiasaan di negara kita. Gerakan ini sudah pasti tak mudah karrna telah menjadi kebiasaan. Tapi kebijakan pemerintah, terlebih mengawasi peredaraan, pasti dapat mengubah hal besar ini,” katanya. (za/nov)