Putra Aji Dua Dijaga Ketat Pascarusuh, Wakapoles Lamtim Sambangi Rumah Paslon

matahari
Wakapolres Lamtim, Kompol Sugandhi SN, hingga tengah malam terjun langsung ke beberapa tempat di Putra Aji Dua. (Foto: Ist)
Wakapolres Lamtim, Kompol Sugandhi SN, hingga tengah malam terjun langsung ke beberapa tempat di Putra Aji Dua. (Foto: Ist)
Example 120x600

LAMPUNG TIMUR, MATAHARIPOS.COM- Pascarusuh pemilihan kepala desa (pilkades) di Desa Putra Aji Dua, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Polres Lamtim masih berjaga pada sejumlah titik rawan terjadi bentrok.

Penjagaan sejak awal rusuh itu kini terlihat kian ketat sejak Rabu (1/11/2023). Polres Lamtim  menambah personel pada sejumlah titik, seperti balai desa, perempatan jalan menghubungkan antardesa, dan rumah kedua pasangan calon (paslon) pilkades setempat.

Wakapolres Lamtim, Kompol Sugandhi SN, hingga tengah malam terjun langsung ke beberapa tempat di Putra Aji Dua. Ia dapat kawalan dari anggota polisi guna menjaga ketertiban. Selain itu, ia juga bersilaturahmi ke warga dan kediaman para paslon.

“Saya datang hanya bersilaturahmi ke warga terutama paslon untuk lebih meneduhkan keadaan sembari ngopi bersama warga,” terang Sugandi di kediaman salah satu paslon Rabu (1/11/2023).

Pantauan dilapangan, pascakerusuhan itu hingga kini suasana Putra Aji Dua kondusif dan aman terkendali. Massa kedua kubu dapat saling menahan diri untuk tidak berindak anarkis.

Meski hingga kini belum dapat dipastikan pihak mana bakal sah menjadi pemenang sebelum adanya pelantikan. Hal ini lantaran tuntutan sengketa masalah  masih dalam proses pihak terkait.

Sebelumnya, kerusuhan pecah pada  pilkades serentak di Lamtim, Senin 30 Oktober 2023.

Kericuhan itu sempat menuai sorotan dan atensi lantaran dari 112 Dldesa dari 24 kecamatan di Lamtim, pilkades Putra Aji 2 membuahkan  hasil sengketa hingga belum ada pemenang sah karena terjadi kerusuhan.

Hal ini lantaran buntut beberapa dugaan kecurangan politik uang dan tindak pidana kekerasaan (pemukulan) oleh salah satu tim paslon Nlnomor urut 1 Hanafi.

Miris lagi, kedua pelaku dalam perkara itu oleh oknum perangkat desa setempat sekaligus tim sukses paslon 01.

Persoalan inipun menjadi atensi serius Kapolda Lampung dalam penyelesaiannya secara baik tanpa ada kecurangan atau keberpihakan dari pihak manapun. (tim)