Danrem 043/Gatam Ikut Panen Raya Padi di Lamteng

matahari
Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin, mengikuti panen raya dalam rangka gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI Tahun 2023, Rabu (1/11/2023). (Foto: Ist)
Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin, mengikuti panen raya dalam rangka gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI Tahun 2023, Rabu (1/11/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

LAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E, Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Musa Ahmad, dan forkopimda mengikuti panen raya dalam rangka gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI Tahun 2023 bersama Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, secara virtual, Rabu (1/11/2023).

Kegiatan bertemakan “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju” itu di Dusun III RT 14 Kp. Rejo Asri Kecamatan Seputih Raman, Lamteng.

Iwan Ma’ruf Zainudin mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk swasembada pangan. Bukan tanpa alasan, TNI hadir dalam program ketahanan pangan akan menjadi motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok  tani.

“TNI juga hadir jadi pemicu dan pemacu para penyuluh dan petugas pertanian di lapangan. TNI hadir bukan mengambil alih tugas penyuluh, melainkan lebih ke arah sinergi untuk melangkah dan bergerak dengan fungsi dan peran masing-masing guna dinamisasi pembangunan pertanian di pedesaan,“ terangnya

Danrem menjelaskan, TNI terlibat dalam ketahanan pangan ini bukan baru saat ini saja, sebelumnya sudah melaksanakan. Karena para Babinsa Komando Kewilayahan (Kodim) berperan dalam bidang ketahanan pangan.

“Babinsa punya kewajiban melaporkan data teritorial di desa binaan. Juga menjaga tetap dalam kondisi baik, melalui program ketahanan pangan. Babinsa juga mengawal distribusi pupuk dan bibit agar bisa sampai ke tangan petani,  tepat sasaran dan waktu,“ tuturnya.

Danrem menuturkan, panen raya di Lamteng dengan lahan sawah 7.427 hektare, lahan kering 1.685 hektare, sementara luas tanam padi 5.605 hektare dan sisa tanaman 74 hektare.

Tak hanya mengikuti kegiatan panen raya dalam rangka gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI Tahun 2023 bersama Wakil Presiden RI secara virtual, Danrem 043/Gatam memberikan tali asih kepada masyarakat. (rls)