Kolaborasi NHM dan Kementerian ESDM Persiapkan Akreditasi Program Pelatihan

matahari
PT NHM menerima kunjungan KALDP dan Pelatihan Sektor Energi dan Sumberdaya Mineral Kementerian ESDM dalam rangka audit lapangan untuk proses akreditasi program pelatihan di NHM. (Foto: Ist)
PT NHM menerima kunjungan KALDP dan Pelatihan Sektor Energi dan Sumberdaya Mineral Kementerian ESDM dalam rangka audit lapangan untuk proses akreditasi program pelatihan di NHM. (Foto: Ist)
Example 120x600

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) menerima kunjungan Komisi Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pendidikan (KALDP) dan Pelatihan Sektor Energi dan Sumberdaya Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam rangka audit lapangan untuk proses akreditasi program pelatihan di NHM.

Kegiatan berkolaborasi dengan Mine Training Centre Departemen Occupational dan Health (OHS) NHM itu berlangsung pada 21 — 22 September 2023.

Kehadiran Tim Asesor KALDP ESDM di Tambang Emas Gosowong dapat sambutan hangat dan dukungan penuh Manajemen Site. Rangkaian kegiatan di Ruang Meeting Gedung Admin Gosowong itu oleh Wakil Direktur Operasi/KTT, Rado Lawolo.

Program ini menjadi langkah awal untuk mempersiapkan Mine Training Centre NHM sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terakreditasi, agar ke depannya bisa secara mandiri menjadi wadah sertifikasi internal maupun eksternal yang mumpuni.

Nantinya diharapkan dapat memudahkan para tenaga kerja pertambangan baik dari NHM sendiri maupun dari para perusahaan lain di wilayah sekitarnya dalam mendapatkan sertifikasi bidang keahliannya masing-masing, melalui program-program pelatihan di NHM.

Menurut Subkoordinator Penjaminan Mutu PPSDM ESDM, Tri Handono Priyo Sambodo, tujuan akreditasi ini untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama di wilayah kerja industri pertambangan di seluruh Indonesia.

Selain itu, juga berguna untuk menjamin standar keselamatan kerja demi memaksimalkan lingkungan kerja yang sehat dan selamat secara nasional.

“Secara kualitas dan kuantitas, program pelatihan keselamatan di NHM sudah terpenuhi, namun kami observasi lapangan langsung di Gosowong untuk mengevaluasi
kesiapan program pelatihan NHM menjadi LSP terakreditasi,” ujarnya.

Deputy Manager OHS, Era Setiawan, mengatakan, program ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan NHM.

“Kami harus mewujudkan program ini untuk turut mendukung dunia pertambangan Indonesia dalam menciptakan SDM siap menghadapi segala kondisi menantang di berbagai karakter area kerja,” jelas Era.

Rado Lawolo mewakili Manajemen Site dan BOD mengapresiasi Tim Asesor KA-LDP ESDM dan semua tim dari NHM yang terlibat.

“Ini kolaborasi dan inovasi luar biasa baik dari tim KALDP ESDM maupun dari tim Training NHM. Perlu serius membuat program ini bisa berjalan jangka panjang dan terstruktur. Manajemen pasti akan mendukung penuh agar semua terlaksann baik,” ujar Rado. (*)