Kebutuhan Melonjak, PMI Halut Ajak Masyarakat Donor Darah

matahari
Permintaan donor darah dari RSU Tobelo Halut melonjak kepada PMI setempat. (Foto: Ist)
Permintaan donor darah dari RSU Tobelo Halut melonjak kepada PMI setempat. (Foto: Ist)
Example 120x600

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Permintaan donor darah dari Rumah Sakit Umum (RSU) Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara melonjak kepada Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Sekretaris PMI Halut, A.Rahman Tjereni, meminta masyarakat dapat saling membantu dengan mendonorkan darah ketika ada pasien membutuhkan golongan darah sama saat ini.

“Masyarakat Halut bisa saling membantu pasien di rumah sakit jika golongan darahnya sama,” ajaknua, Senin (16/10/2023).

Rahman Tjereni menuturkan, saat ini PMI Halut kewalahan lantaran permintaan donor darah dari rumah sakit saat ini meningat. Pasalnya, PMI Halut saat ini hanya memiliki 35 relawan, dengan golongan darah A 6 orang, B 5 orang, AB 3 orang dan golongan darah O 16 orang.

“Relawan ini selalu donor darah saat ada permintaan dari keluarga pasien melalui surat permintaan rumah sakit,” jelasnya.

Walau sudah sering mendonor darah setiap ada permintaan, relawan ini kerap juga tak bisa donor darah. Ini  karena saat cek up di RSU HB mereka menurun.

“Kalau sudah begitu, kami harus mencari calon donor darah lain,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini PMI hanya bisa menyediakan relawan donor darah karena PMI Halut belum memiliki Unit Donor Darah atau Bank Darah seperti PMI yang lain. Sehingga, PMI Halut tak dapat donor darah mobile atau donor darah massal.

“Inilah salah satu kendala PMI Halut saat ini. Jika RSU kurang stok, keluarga pasien sangat sulit mencari calon donor darah,” ucapnya.

Rahman berharap masyarakat telah berusia minimal 17 – 60 tahun dapat bersedia berdonor darah.

Jika tambah ia, belum mengetahui golongan darah, masyarakat bisa langsung mengecek ke Markas PMI di Kompleks Desa Gosoma wilayah Halut, yang buka setiap hari jam kerja.

“Semoga Pemerintah Daerah Halut mampu membangun Unit Donor Darah PMI agar kami selalu memenuhi kekurangan atau kekosongan stok darah di RSU. Karena ini menjadi kebutuhan besar dan penting bagi pasien untuk bisa mempertahankan hidupnya,” ucapnya. (rls)