Sukseskan Pemilu 2024, Polres Halut Kembali Gelar Latihan Sispamkota

matahari
Polres Halut menggelar simulasi pelatihan Sispamkota di halaman Kantor KPUD Halut, Sabtu (14/10/2023). (Foto: Ist)
Polres Halut menggelar simulasi pelatihan Sispamkota di halaman Kantor KPUD Halut, Sabtu (14/10/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

MALUKU UTARA, MATAHARIPOS.COM- Menjelang pemilihan umum (pemilu), Polres Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara, menggelar simulasi pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di halaman Kantor KPUD Halut, Sabtu (14/10/2023).

Kapolres Halut, AKBP Moh Zulfikar Iskandar, mengatakan, latihan Sipamkota ini untuk siap siaga personel menghadapi segala yang mungkin terjadi.

Menurutnya, pemilu adalah momentum penting dalam demokrasi.

“Polres Halut siap mendukung dengan cara memastikan semua warga dapat berpartisipasi dengan aman dan bebas dari ancaman apapun,” kata ia.

Dalam kaitan ini peserta demokrasi pemilu 2024 yang tahapan tengah berlangsung, memiliki kompleksitas kerawanan dan karateristik khas. Ini karena kali pertama pemilu dan pilkada tahun 2024.

Ia menjelaskan, dalam kaca mata kamtibnas, peningkatan intensitas kegiatan politik Ini tentu dapat memunculkan potensi rawan bidang keamanan.

“Hal ini dapat memecah belah persatuan dan menyebabkan informasi hoaks dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah kehidupan bermasyarakat pada 22 Desember 2022,” bebernya.

Kapolres menegaskan, Bawaslu RI telah luncurkan indeks kerawanan pemilu 2024. Provinsi Maluku Utara termasuk katagori rawan tinggi dengan skor 84,86 melalui 4 dimensi dalam pemilu demokratis, yaitu sosial politik, penyelenggara pemilu, kontestasi, dan partisipasi.

Ia juga menekankan, Polri berkomitmen terus bekerja guna menjamin penyelenggaraan pemilu 2024. Agar dapat berjalan aman lancar dan damai.

Terpisah, Kasi Humas Polres Halut, Iptu Kolombus Guduru, membenarkan, kegiatan saat ini hari terakhir Simulasi Pelatihan Sispamkota. (*)