Tukang Online Binaan AWPI Buka di Bandarlampung

matahari
Ketua Umum DPP AWPI, Hengki Ahmad Jazuli, memberikan sambutan dalam grand opening Tukang Online di Kota Bandarlampung, Kamis (12/10/2023). (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP AWPI, Hengki Ahmad Jazuli, memberikan sambutan dalam grand opening Tukang Online di Kota Bandarlampung, Kamis (12/10/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

BANDARLAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Aplikasi Tukang Online binaan Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) resmi grand opening di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Kamis (12/10/2023).

Ketua Umum DPP AWPI, Hengki Ahmad Jazuli, mengatakan, aplikasi Tukang Online merupakan salah satu binaan koperasi DPP AWPI yang berpusat di Provinsi Lampung.

“Aplikasi salah satu produk DPP AWPI ini kedepannya akan kami bawa ke skala nasional,” kata pemilik Haluan Lampung Grup ini.

Aplikasi Tukang Online ini merupakan buatan PT. Revorma Indotama Mandiri yang menyediakan berbagai macam pelayanan jasa bagi masyarakat.

Pemilik Tukang Online, Andrianto, mengatakan, Tukang Online mempunyai moto, yaitu “Dari Tukang Tradisional menjadi Tukang Profesional.”

Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung, Intizam, mewakili Gubernur Lampung, mengapresiasi PT. Revorma Indotama Mandiri karena aplikasi ini dapat menghubungkan tukang dengan pelanggan secara langsung.

Intizam berharap agar Tukang Online ini bisa membantu pemerintah mengurangi pengangguran. Selain itu, pemanfaatan teknologi ini membentuk tukang tradisional menjadi profesional, memudahkan masyarakat menggunakan jasa pertukangan melalui aplikasi tersebut, dan memudahkan UMKM untuk lebih dikenal masyarakat luas.

“Aplikasi ini juga diharapkan bantu kebutuhan tukang akan perlindungan keselamatan kerja melalui kerja sama BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Intizam.

Ia menegaskan, Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya mendorong tenaga profesional untuk turut berperan dalam ekonomi digital.

Sebab itu, kata ia, untuk mewujudkan go-digital, para tenaga profesional, tak terkecuali para tukang harus meningkatkan kompetensi dan kapabilitas sehingga mampu menjadi pekerja profesional.

Intizam mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung juga berupaya membantu menyediakan berbagai sarana dan prasarana meningkatkan kompetensi para tukang dan berbagai keahlian lainnya. Salah satunya,  melalui keberadaan UPTD Balai Latihan Kerja.

“Aplikasi ini nantinya banyak merekrut lulusan SMK untuk dikembangkan menjadi tenaga kerja terampil dan profesional,” katanya. (maulana)