Kodim 1508/Tobelo Resmikan Kampung Pancasila di Talaga Paca

matahari
Kodim 1508/Tobelo meresmikan Desa Talaga Paca, Kecamatan Tobelo Selatan, Halut di Provinsi Maluku Utara, sebagai Kampung Pancasila, Senin (9/10/2023). (Foto: Ist)
Kodim 1508/Tobelo meresmikan Desa Talaga Paca, Kecamatan Tobelo Selatan, Halut di Provinsi Maluku Utara, sebagai Kampung Pancasila, Senin (9/10/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

HALUT, MATAHARIPOS.COM- Kegiatan Kasad Award Kampung Pancasila dan Temu Kebangsaan tahun 2023 pada Minggu ke-3 bulan Oktober 2023 di Mabesad.

Kodim 1508/Tobelo meresmikan Desa Talaga Paca, Kecamatan Tobelo Selatan, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) di Provinsi Maluku Utara,  sebagai Kampung Pancasila, Senin (9/10/2023).

Komandan Kodim (Dandim) 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, mengungkapkan, program desa sangat bagus, yaitu program penguatan Desa Talaga Paca menjadi Kampung Pancasila.

“Kita harap ke depan desa ini bisa menjadi desa sangat mandiri dan maju. Juga menghasilkan pendapatan daerah yang nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Diresmikan Kampung Pancasila ini, dandim berharap agar orang tua, guru-guru dan seluruh lapisan masyarakat dapat menyosialisasikan kepada generasi muda. Ini agar mereka memahami dan mencamkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari.

“Kedepannya program TMMD Kodim 1508/Tobelo akan kami arahkan di sini untuk membangun infrastruktur di desa ini. Nanti kita lihat yang bisa dibantu ataupun didukung. Semoga bisa lebih bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, nilai Pancasila akhir-akhir ini kiam tergerus karena kemajuan zaman.

“Semua masyarakat bisa mengulas kembali tata cara berkehidupan sesuai dengan butir-butir Pancasila,  seperti keagamaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan,” ucapnya.

Ia berharap, Kodim 1508/Tobelo dapat terus bersama-sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah atau para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda terus dapat membina di Kampung Pancasila ini maupun desa-desa lain.

Kepala Desa Talaga Paca, Yunice Maimo, berharap agar Kampung Pancasila ini masyarakat dapat mengingat dan melaksanakan tentang nilai-nilai dari pancasila ini.

“Harapan kedepan ketika dilaksanakannya nilai-nilai dari pancasila ini, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lebih meningkat lagi dan hal-hal terkait dengan keamanan perlu dilaksanakan bersama,” ucapnya. (rls)