Danrem 043/Gatam Apresiasi Hari Batik Nasional 2023

Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainuddin, menghadiri perayaan puncak Hari Batik Nasional 2023 di Gedung Dekranasda Provinsi Lampung, Selasa (10/10/2023). (Foto: Ist)
Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainuddin, menghadiri perayaan puncak Hari Batik Nasional 2023 di Gedung Dekranasda Provinsi Lampung, Selasa (10/10/2023). (Foto: Ist)

LAMPUNG, MATAHARIPOS.COM- Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainuddin S.E, menghadiri perayaan puncak Hari Batik Nasional tahun 2023 di Gedung Dekranasda Provinsi Lampung, Selasa (10/10/2023).

Sejak 2 Oktober 2009 batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi oleh UNESCO, termasuk batik Lampung didalamnya menjadi bagian tak dapat pisah dari batik nusantara.

Danrem 043/Gatam berharap perayaan hari batik nasional bukan hanya sekadar perayaan.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat,  terutama kaum melineal Provinsi Lampung memahami keindahan, motif, dan nilai-nilai terkandung dalam setiap tahap pembuatan batik dalam prosesnya.

“Saya sangat bangga dengan warisan nenek moyang, salah satunya batik di Lampung. Batik ini bermotif dan karakteristik sangat khas dengan motif-motif menggambarkan flora fauna dan ornamen budaya Lampung. Juga memberikan simbol-simbol  mendalam dan menjadi ciri khusus dari provinsi ini,“ ungkapnya.

Danrem juga sangat mengapresiasi dengan gelaran perayaan hari batik nasional setiap tahunnya.

Ia berharap agar kegiatan ini industri batik lampung dapat tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pilar utama dalam perekonomian provinsi Lampung.

“Juga menjadi sumber pendapatan stabil bagi para perajin dan pelaku usaha batik di Lampung,“ harapnya.

Kegiatan bertema “Batik Bangkit” ini juga hadir Gubernur Lampung, Ir. H Arinal Djunaidi dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal. (rls)