Inovasi di Nursery NHM Lolos Nominasi Subroto Awards 2023

matahari
Inovasi MOL di area Nursery PT NHM berupa pengaplikasian MOL lolos menjadi salah satu nominator Subroto Award 2023. (Foto: Ist)
Inovasi MOL di area Nursery PT NHM berupa pengaplikasian MOL lolos menjadi salah satu nominator Subroto Award 2023. (Foto: Ist)
Example 120x600

HALUT, MATAHARIPOS.COM- Inovasi di area Nursery PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) berupa pengaplikasian Mikroorganisme Lokal (MOL) sebagai booster pada tanaman, lolos menjadi salah satu nominator kategori Perusahaan Pemegang Kontrak Karya (KK) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Mineral dan Logam dalam gelaran Subroto Award 2023.

Giat malam anugerah penghargaan Subroto Awards 2023 pada Jumat (29/9/2023) itu sebagai puncak acara Hari Jadi ke-78 Pertambangan dan Energi.

Subroto Awards ialah ajang penghargaan tertinggi setiap tahun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan diikuti  semua perusahaan pertambangan di Indonesia. Penghargaan itu untuk mengapresiasi kinerja dan pencapaian-pencapaian terbaik terjadi dalam industri pertambangan di Indonesia.

Sebelumnya, Rabu (6/9/2023), tim Departemen Lingkungan dipimpin Manajer Lingkungan Widi Wijaya mewakili NHM, hadir dalam pertemuan daring bersama Tim
Penilai Subroto Awards 2023 dari Kementerian ESDM, dan para perwakilan perusahaan tambang seluruh Indonesia.

Agenda utama acara itu ialah mempresentasikan inisiatif inovasi telah dijalankan NHM sejak tahun 2022 pada bidang persemaian dan pembibitan (nursery).

Pembuatan MOL oleh tim Lingkungan NHM, khususnya tim waste management dengan mengolah kembali limbah nasi basi atau sisa nasi tak habis dikonsumsi karyawan di Site Gosowong. Rata-rata, sekitar 50-100 kg limbah nasi sisa dihasilkan setiap harinya.

Inisiatif inovasi ini memberikan manfaat positif dalam menunjang kegiatan di nursery dan area revegetasi.

Pertumbuhan vegetatif menjadi lebih cepat, tanaman tumbuh sehat dengan warna daun hijau segar. Selain itu, volume timbunan sampah organik, khususnya sampah nasi juga dapat berkurang karena dimanfaatkan kembali untuk proses ini.

Proses pembuatannya juga secara alamiah, tak menggunakan bahan kimia dan aman dalam jangka panjang terhadap pekerja dan lingkungan.

Dari sisi biaya, inisiatif ini tentunya juga mampu menekan pengeluaran dalam proses pemeliharaan tanaman secara signifikan.

“Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas campur tangannya kami meraih capaian ajang Subroto Awards 2023. Apresiasi atas loyalitas, kegigihan dan dedikasi tim Lingkungan mengembangkan ide-ide kreatif dalam bentuk kerja nyata. Juga terima kasih kepada BOD dan jajaran manajemen NHM atas dukungan semua pihak di Tambang Emas Gosowong,” ujar Superintendent
Lingkungan, Rosmini Djufry.

Manajer Lingkungan NHM, Widi Wijaya, menambahkan, pihaknya  masih banyak akan kembangkan dalam pengelolaan lingkungan, termasuk di area Nursery.

“Kami yakin masih banyak inovasi yang bisa dilakukan sebagai upaya implementasi Kaidah Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice). Kami berharap Subroto Awards 2023 ini bisa jadi pemacu semangat dalam upaya pengelolaan lingkungan pertambangan lebih baik,” ungkapnya. (*)