Tim Verifikasi Lapangan Proklim Kunjungi Kelurahan Pasar Baru

matahari
Tim Penilai Verifikasi Lapangan Proklim Tingkat Provinsi/Madya 2023 mengunjungi Kelurahan Pasar Baru di Pos RW 02, Kamis (7/9/2023). (Foto: Ist)
Tim Penilai Verifikasi Lapangan Proklim Tingkat Provinsi/Madya 2023 mengunjungi Kelurahan Pasar Baru di Pos RW 02, Kamis (7/9/2023). (Foto: Ist)
Example 120x600

JAKARTA, MATAHARIPOS.COM- Tim Penilai Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi/Madya tahun 2023 mengunjungi Kelurahan Pasar Baru di Pos RW 02, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

Wakil Camat Sawah Besar, Devi Riana Sumanthi, mengungkapkan, Tim Verifikasi Proklim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyambangi RW 02 Pasar Baru ini menyocokkan data-data di lapangan untuk menjadi penilaian proklim tingkat provinsi/madya.

“Tujuan kampung iklim ini bisa mengubah pola hidup keseharian masyarakat. Jika data sesuai sudah sama atau nilainya lebih tinggi, bisa diusulkan dalam penilaian proklim di tingkat nasional,” ujarnya.

Devi optimistis RW 02 Pasar Baru bisa melaju ke tingkat provinsi karena melihat warga sangat antusias bersama-sama menjaga kelestarian, kehijauan, dan peduli lingkungan.

“Saya optimis RW 02 Pasar Baru bisa melaju ke tingkat nasional,” imbuhnya.

Dia pun berharap, adanya proklim ini, warga, khususnya generasi muda kian semangat mempertahankan, menjaga lingkungan, dan terus menyiptakan atau membuat inovasi baru melestarikan lingkungan.

“Apalagi kondisi saat ini polusi udara di Jakarta sedang tinggi. Mungkin nanti ditingkatkan semangat warga ataupun poktan menjaga kelestarian lingkungan. Ini agar bisa menambah segar, hijau, dan indah lingkungan di Jakarta,” harapnya.

Kepala Sub Kordinator Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat, Budi Kristina, mengatakan, tiga kategori memverifikasi proklim, yaitu aksi adaptasi, mitigasi, dan juga kelembagaan.

“Alhamdulillah, kami telah membina  tingkat kota terkait proklim. Kami juga sudah lihat kondisinya. Warga sangat antusias dan kompak saat tingkat kota. Ternyata saat proklim tingkat provinsi pun lebih semangat lagi,” ujarnya.

Kristina menuturkan, proklim tingkat provinsi ini terdapat enam lokasi di Jakarta Pusat dari 26 lokasi di DKI Jakarta yang masuk usulan ke DLH, antara lain RW 02 Pasar Baru, RW 02 Menteng, RW 02 Harapan Mulya, RW 07 Paseban, RW 12 Cempaka Putih Barat, dan RW 03 Kampung Bali.

“Semoga keenam lokasi ini masuk ke tingkat provinsi. Selanjutnya, kami  akan siapkan untuk menuju ke tingkat nasional,” pungkasnya. (man)