Firsada Pinta Kepalo Tiyuh Pahami Tugas

Penjabat Bupati Tubaba, M. Firsada, melanyltik delapan penjabat kepalo tiyuh/desa dan satu kepalo tiyuh hasil musyawarah tiyuh Pemilihan Antar Waktu, Kamis (7/9/2023). (Foto: Ist)
Penjabat Bupati Tubaba, M. Firsada, melanyltik delapan penjabat kepalo tiyuh/desa dan satu kepalo tiyuh hasil musyawarah tiyuh Pemilihan Antar Waktu, Kamis (7/9/2023). (Foto: Ist)

TUBABA, MATAHARIPOS.COM- Usai melantik delapan penjabat kepalo tiyuh/desa dan satu kepalo tiyuh hasil musyawarah tiyuh Pemilihan Antar Waktu, Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba), M. Firsada, meminta para kepala tiyuh segera pelajari dan memahami tugas, kewajiban, dan wewenang.

“Jalinlah komunikasi dan koordinasi baik dengan seluruh pengurus lembaga di tiyuh, terutama BPT sebagai mitra pemerintah tiyuh,” kata Firsada di Lapangan Kantor Kecamatan Tulangbawang Udik, Kamis (7/9/2023).

Segera, tandas ia, membenahi masalah sumber daya aparatur, sumber pendapatan tiyuh dan penerapan menajemen yang baik. Ini demi terealisasi penyelenggaraan pemerintah tiyuh yang baik, mandiri, maju, dan tak ketinggalan dengan tiyuh-tiyuh lain.

“Aparatur tiyuh, baik kepalo tiyuh, sekretaris tiyuh, dan BPT harus bisa memahami kondisi wilayah masing-masing,” pesannya.

Ia mengimbau, tiyuh harus memiliki data jelas dan valid, mulai data beberapa warga miskin, data stunting, potensi wilayah, data wilayah rawan bencana, dan data-data lainnya.

“Data ini, kepalo tiyuh maupun aparatur tiyuh lainnya akan mudah menyusun program dan arah pembangunan dalam menjalankan roda pemerintahan dan membina masyarakat,” jelasnya.

Menurut Firsada, jabatan sebuah amanah. Karena itu pemegang jabatan harus betul-betul berbuat terbaik buat masyarakat.

“Kelak saudara akan diminta pertanggungjawaban Allah SWT atas semua kebijakan yang diterapkan selama memimpin,” ujarnya. (mar)