Firsada Pinta Panitia Pemilihan Kepala Tiyuh Harus Adil

matahari
Penjabat Bupati Tubaba, M. Firsada, menghadiri pengundian nomor urut, pengucapan, dan penandatanganan pakta integritas deklarasi damai tiga Calon Kepala Tiyuh Panaragan antar waktu. Foto Istimewa
Penjabat Bupati Tubaba, M. Firsada, menghadiri pengundian nomor urut, pengucapan, dan penandatanganan pakta integritas deklarasi damai tiga Calon Kepala Tiyuh Panaragan antar waktu. Foto Istimewa
Example 120x600

TUBABA, MATAHARIPOS.COM- Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Drs. M. Firsada, meminta panitia penyelenggara harus bersikap adil dalam pemilihan kepala tiyuh (desa).

Firsada meminta hal itu saat menghadiri pengundian nomor urut, pengucapan, dan penandatanganan pakta integritas deklarasi damai tiga Calon Kepala Tiyuh Panaragan antar waktu.

Kegiatan itu berlangsung di Kantor Sekretariat Panitia Pemilihan Kepala Tiyuh Antar Waktu Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Selasa (22/8/2023).

Ia berharap, seluruh calon kepala tiyuh harus mengutamakan toleransi. Juga siap menang dan siap kalah, tak menggunakan fasilitas tiyuh, tak memobilisasi, dan bersama-sama menyiptakan Panaragan kondusif.

“Hari ini bersejarah untuk mengukir agenda tiyuh sebagai perwujudan demokrasi kita dalam pemilihan kepala tiyuh,” katanya.

Ia menjelaskan, wujud demokrasi ini tergantung kepada beberapa unsur, yakni panitia penyelenggara harus bersikap adil, jujur dan transparan.

Calon kepala tiyuh, tegas ia, harus bersikap sportif dan fair. Juga para pemilih dan masyarakat harus turut menyiptakan suasana kondusif.

Msyarakat, kata Firsada, tak menyiptakan fitnah kampanye hitam karena akan menimbulkan keresahan. Selain itu, jangan sampai menciptakan ujaran kebencian.

Ia juga berpesan, pemilihan kepala tiyuh ini harus mewaspadai ada oknum-oknum akan menunggangi, baik itu taruhan maupun kepentingan salah satu calon.

“Jaga, jangan sampai kita dimanfaatkan untuk kepentingan orang lain. Kehormatan kita ialah sportifitas,” pungkasnya. (mar)