Polres Tubaba Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2023

Panaragan– Kapolres Tulang Bawang Barat (Tubaba), AKBP Ndaru Istimawan, S.I.K., menjadi inspektur upacara gelar pasukan Operasi Patuh Krakatau 2023 di lapangan apel mapolres setempat, Senin (10/7/2023).

Kapolres Tuba, Ndaru Istimawan membacakan amanat Kapolda mengatakan, keteraturan, dan ketertiban merupakan bagian fungsi hukum, begitu juga dalam berlalu lintas.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan menjelaskan, tujuan terlaksananya lalu lintas dan angkutan jalan adalah terwujudnya lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar serta membentuk prilaku masyarakat agar beretika dan budaya tertib berlalu lintas. Perilaku masyarakat dalam berlalu lintas di suatu tempat merupakan gambaran moralitas masyarakat secara umum di wilayah tersebut.

“Bila masyarakat di Provinsi Lampung ini tertib. Karena masih tinggi angka pelanggaran lalu lintas, menandakan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap hukum dan perundang- undangan lalu lintas masih rendah,” katanya.

Untuk menanggulangi fenomena ini, kata ia, perlu langkah-langkah strategis guna mendorong tingkat keselamatan dan kepatuhan hukum masyarakat sehingga dapat menekan angka kecelakaan yang akan menimbulkan kerugian baik korban jiwa maupun materil.

Guna menekan angka pelanggaran lalu lintas, dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, Polda Lampung beserta polres jajaran dengan didukung instansi terkait melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi operasi patuh 2023 dengan tema “Patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa”.

“Operasi ini ialah harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum pelanggaran lalu lintas secara elektronik (statis dan mobile) serta melaksnakan teguran subjektif humanis,” katanya.

Operasi Patuh Krakatau 2023 ini selama 14 hari mulai dari 10 – 23 juli 2023, secara serentak di seluruh indonesia, dalam rangka Cipkon Kamseltibcarlantas pascahari Bhayangkara 2023, dengan tujuan operasi adalah menurunnya angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fasilitas dan meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Guna mencapai tujuan dan sasaran Operasi Patuh Krakatau 2023 ini saya mengajak semua pemangku kepentingan meningkatkan sinergi dan kolaborasi dan bahu membahu menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas kondusif di Provinsi Lampung, guna mewujudkan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam berlalu lintas,” katanya.

Ia menambahkan, apel pasukan Operasi Patuh 2023 secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Operasi kemanusiaan ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. (hms)