PKBM APVI Semakin Tak Jelas, Disdikbud Lampura Diminta Turun Tangan

PKBM APVI Semakin Tak Jelas, Disdik Lampura Diminta Turun Tangan
Disdikbud Kabupaten Lampung Utara. Foto Istimewa

Kotabumi – Selain dituding menyalahi aturan dan wewenang dalam merolling jabatan kepala sekolah, kini kembali Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara diminta usut tuntas terkait PKBM APVI Nunggal Maju Jaya yang diduga tidak jelas siswa dan lokasinya.

Dari data Kemendikbudristek, bahwa PKBM APVI Nunggal Maju Jaya yang didaftarkan pihak Ketua Yayasan dan di SK-kan Dinas Pendikan Lampung Utara, yang beralamatkan di Jalan Sukadana Udik No 2, Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, tersebut menjadi tanda tanya.

Bahkan sampai saat ini warga setempat masih dihantui rasa penasaran tentang keberadaannya, seperti yang dilontarkan salah satu warga Sukadana Udik Bunga Mayang yang enggan dipublikasikan, pada Jumat (9/6/2023).

“Pada SK-nya jelas di Desa Sukadana Udik ini, namun saya warga pribumi dan tanah kelahiran asli tidak tahu hal itu, mirisnya lagi di data Kemendibudristek alamat titik kordinatnya ada di Desa Tulang Bawang Baru, Kecamatan Bungaa Mayang. Namun, ditelusuri hanya menunjukan perkebunan tebu dan sawit warga dan tidak ada yang namanya bangunan PKBM AVPI Nunggal yang dimaksud,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa PKBM APVI Nunggal Maju Jaya setiap tahunnya mendapatkan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Ratusan juta rupiah, seperti pada tahun 2022 mendapatkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan sebesar Rp110.700.000. dan di tahun 2023 Sebesar Rp126.800.000.

Sementara dihubungi melalui whatsapp Ketua yayasan APVI Nunggal Maju Jaya Vivi Evita Rozalia,belum bisa menjawab terkait keberadaan sekolah dan peserta didik yang mendapatkan dana BOP.

Warga Setempat mengharapkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, baik Kabid PNF Yeni Sulistina maupun Kadisdik Sukatno, agar segera turun tangan tuntaskan masalah PKBM APVI Nunggal Maju Jaya yang diduga bermasalah.(Sen)