Bawaslu Lampura Lantik Kasek Panswacam Tanpa Rekomendasi Camat

matahari
Surat dari Bawaslu Kabupaten Lampung Utara terkait rekomendasikan calon Kasek Panwaslu Kecamatan/VID-Dok
Example 120x600

KOTABUMI – Camat Tanjung Raja, Martutiyana, mempertanyakan soal rekomendasi kepala sekertariat (Kasek) Panwaslu kecamatan yang berbeda dari usulan sebelumnya.

Menurut Martutiyana, pada 21 Oktober 2022, dirinya mendapatkan surat guna diminta oleh Bawaslu Kabupaten Lampung Utara (Lampura) untuk dapat merekomendasikan calon Kasek Panwaslu Kecamatan,

“Ketika mendapat surat itu, saya pun langsung mengirimkan rekomendasi Kasek Panwaslu Kecamatan Tanjung Raja ke Bawaslu setempat,” ujar dia, Kamis (8/12/2022).

Namun dirinya sangat mempertanyakan, calon Kasek Panwaslu Kecamatan yang telah di rekomendasikan olehnya berbeda dengan yang telah dikukuhkan atau tetapkan oleh Bawaslu Lampura.

Selain itu, sambung dia, pada tanggal 21 Oktober 2022 juga, Bawaslu Lampura memberikan permohonan atas rekomendasi untuk calon Kasek Panwaslu di Kecamatan Tanjung Raja, dan dalam surat tersebut tidak tertera bahwa Kasek merupakan rekomendasi dari Panwascam.

“Saya memberikan rekomendasi Kasi Pembangunan dan staff di kecamatan, lalu seminggu kemudian Panwascam Tanjung Raja datang menemui dan mengajukan tiga nama rekomendasu kasek mereka. Ya saya katakan pada mereka, rekomendasi tersebut sudah saya kirimkan ke Bawaslu,” papar dia.

Setelah itu, dirinya mendapatkan informasi bahwa yang telah dikukuhkan oleh Bawaslu Lampura untuk Kasek Panwaslu Kecamatan Tanjung Raja bukan sesuai dengan rekomendasi yang sudah dikirim.

Atas hal itu pihaknya telah mencabut kembali rekomendasi Kasek Panwaslu Kecamatan Tanjung Raja pada Bawaslu Lampura.

Sementara itu, sesuai dengan pedoman yaitu Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor: 354/HK.01./K1/10/2022 tentang perubahan Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 314/HK.01.00/K1/09/2022, tentang pedoman pelaksanaan pembentukan panwascam dalam pemilu serentak Tahun 2024 Bagian VI terkait pembentukan sekretariat panwascam, pada Poin C Nomor 1: kepala sekretariat Bawaslu kabupaten/kota berkoordinasi dengan camat untuk mendapatkan paling sedikit 2 (dua) nama calon kepala sekretariat panwascam.

Merujuk pada keputusan Bawaslu RI itu, Martutiyana sangat mempertanyakan siapa yang telah merekomendasikan Kepala Sekertariat Panwaslu Kecamatan Tanjung Raja yang telah dilantik oleh Bawaslu Lampung Utara tersebut.(VID)